nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Sabtu 08 November 2014 15:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 11 08 65 1062701 institut-seni-budaya-indonesia-isbi-bandung-VdwHSiHISJ.jpg Ilustrasi: kegiatan pendidikan seni di ISBI Bandung. (Foto: ISBI)

PROSES kelahiran Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung dimulai sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Walikota-madya Bandung nomor 5539/68, tertanggal 31 Maret 1968. Surat ini merupakan dasar pendirian Konservatori Tari (Kori) di Bandung. Pengelolaan lembaga pendidikan tinggi seni tari ini ada di bawah Pemerintah Daerah Tingkat II Kotamadya Bandung.

Tingginya animo masyarakat dan besarnya perhatian pemerintah pada Kori mendorong institusi ini mengupayakan keberadaannya sebagai lembaga formal. Kemudian, pada 1970 lahirlah Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) di Bandung melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 016/A.I/1970. ASTI Bandung ini merupakan kelas jauh dari ASTI Yogyakarta. Sejak 27 Februari 1971, Kori pun menjelma menjadi ASTI Jurusan Sunda di Bandung.

Pada 1976, ASTI Jurusan Sunda di Bandung bersama-sama Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta, Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Yogyakarta, Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padangpanjang dan Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Denpasar berada dalam pembinaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Depdikbud, Lembaga-lembaga pendidikan seni ini dihimpun dalam Proyek Pengembangan Institut Kesenian Indonesia (IKI) Jakarta.

ASTI Bandung pun berubah menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) melalui Surat Keputusan Presiden RI No. 59 Tahun 1995. Sekolah ini menyelenggarakan jurusan Tari, Karawitan, Teater, dan Seni Rupa Pertunjukan.

Kemudian, pada 2014, STSI Bandung berubah lagi menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Perubahan ini sesuai dengan Perpres No. 86 Tahun 2014 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 6 Oktober 2014.

Peralihan status STSI menjadi ISBI ini merupakan bagian dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan (MP3EI) untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan khususnya Seni Budaya.

Saat ini, ISBI yang terletak di Jalan Buah Batu, Bandung, itu menyelenggarakan pendidikan jurusan tari, teater, karawitan, dan senirupa. ISBI juga membuka kelas program studi (prodi) televisi dan film, angklung dan musik bambu serta kelas pascasarjana.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini