Hadiri Perayaan, Presiden Ceko Dilempari Telur

Ferry Ardiansyah, Okezone · Selasa 18 November 2014 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 18 18 1067052 hadiri-perayaan-presiden-ceko-dilempari-telur-YR6RNUpkoE.jpg Hadiri Perayaan, Presiden Ceko Dilempari Telur (Foto:BBC)

PRAHA – Presiden Republik Ceko Milos Zeman dilempari telur oleh para demonstran. Insiden ini terjadi saat sang presiden menghadiri perayaan ke-25 Revolusi Velvet.

Para demonstran menunjukkan Kartu Merah kepada Presiden Zeman sebagai simbol agar dirinya keluar dari tempat perayaan. Sambil dilempari telur, pasukan pengawal presiden pun langsung memberikan perlindungan kepada Zeman.

Seperti dilansir BBC, Selasa (18/11/2014), demonstran marah kepada Presiden Zeman karena kebijakannya yang dianggap terlalu berpihak kepada Rusia. Sehingga, ia dinilai tidak pantas menghadiri perayaan Revolusi Velvet.

Revolusi Velvet adalah perayaan untuk mengenang penangkapan demonstran yang dilakukan polisi untuk menentang kekuasaan Uni Soviet pada 1989.

Selain itu, Presiden Zeman dianggap akan menyebarkan paham komunis baru di Republik Ceko. Rakyat di negeri itu sendiri masih trauma akan kekejaman rezim komunis pada era Perang Dingin.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini