nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arkeolog Temukan Jejak Kaki Berusia 5 Ribu Tahun

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Kamis 20 November 2014 07:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 11 20 18 1068128 arkeolog-temukan-jejak-kaki-berusia-5-ribu-tahun-pnVisaTGKd.jpg

DENMARK - Arkeolog di Denmark mengklaim telah menemukan jejak kaki manusia yang diprediksi berusia 5.000 tahun. Jejak kaki tersebut ditemukan di Denmark dan dapat menjelaskan bagaimana kehidupan orang pesisir selama Zaman Batu.

Jejak tersebut baru-baru ini ditemukan sebagai bagian dari penggalian yang sedang berlangsung di pulau Lolland oleh para arkeolog dari Museum Lolland-Falster.

"Ini benar-benar sangat luar biasa dengan menemukan jejak kaki dari manusia," kata salah seorang arkeolog, Terje Stafseth seperti dilansir huffingtonpost.com

"Biasanya, apa yang kita temukan adalah sampah mereka dalam bentuk alat dan tembikar, tapi di sini, kita tiba-tiba memiliki jenis yang sama sekali berbeda dari jejak dari masa lalu, jejak kaki yang ditinggalkan oleh manusia," ungkapnya.

Para arkeolog percaya bahwa cetakan jejak kaki tersebut dibuat dua nelayan, sebagai satu set cetakan yang lebih besar dari yang lain. Jejak tersebut ditemukan di dekat pagar memancing dengan waktu yang sama.

"Apa yang tampaknya terjadi adalah bahwa di beberapa titik mereka pindah ke mungkin untuk menghindari badai saat itu," kata Manajer Proyek Museum Lars Ewald Jensen.

Museum ini akan terus menggali situs selama satu tahun atau lebih, sampai konstruksi dimulai pada terowongan bawah laut baru yang akan menghubungkan Lolland ke pulau Fehmarn di Jerman.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini