nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dwikorita Resmi Jabat Rektor UGM

Prabowo, Jurnalis · Senin 24 November 2014 13:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 11 24 65 1069852 dwikorita-resmi-jabat-rektor-ugm-l8StuHfmL5.jpg Prof. Dwikorita Karnawati resmi menjadi rektor UGM. (Foto: dok. UGM)

YOGYAKARTA - Prof. Ir. Dwikorita Karnawati resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM). Dia mengantikan Pratikno yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

"Saya tidak bisa melarang Pak Pratikno untuk mengemban tugas baru di negeri kahyangan," kata Ketua Majelis Wali Amanat UGM, Sofian Effendi di kampus UGM, Yogyakarta, Senin (24/11/2014).

Sofian menyampaikan, rektor penganti antarwaktu, Dwikorita sebelumnya menjabat Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni. Dia merupakan rektor pertama perempuan di kampus tersebut.

"Hari ini mengukir sejarah baru, Rektor UGM dipegang seorang perempuan. Selama berdiri kampus UGM ini belum pernah ada rektor perempuan," katanya.

Dwikorita mengaku akan meneruskan tugas-tugas yang belum terlaksana dari rektor sebelumnya. Dia akan mengandeng semua civitas kampus maupun eksternal untuk memajukan UGM Yogyakarta.

"Menjadi rektor bukan tujuan, tapi ini amanat yang harus diemban. Saya akan meneruskan program-program dari Pak Pratikno," ujarnya.

Sementara Pratikno sendiri mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf kepada semua civitas akademika UGM Yogyakarta. Selama 2,5 tahun menjabat rektor, Pratikno mengaku masih banyak program yang belum terlaksana.

"Selamat kepada Bu Rektor, mohon maaf saya sampaikan karena selama menjadi rektor masih banyak program yang belum terlaksana," katanya.

Beberapa pejabat di DIY terlihat hadir dalam serah terima jabatan rektor UGM tersebut, seperti Kapolda DIY Brigjen Pol Oerip Soebagyo, Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Sabrar Fadillah, hingga Bupati Sleman, Sri Purnomo. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD juga terlihat menghadiri acara tersebut bersama dengan para pejabat yang lain.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini