nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ITS Juara Umum di Kontes Bangunan Gedung Indonesia

Margaret Puspitarini, Jurnalis · Rabu 26 November 2014 15:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 11 26 65 1070944 its-juara-umum-di-kontes-bangunan-gedung-indonesia-dCDlbENCwB.jpg Foto : ITS Juara Umum di Kontes Bangunan Gedung Indonesia/ITS

JAKARTA - Kontes Jembatan Indonesia (KJI) dan Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) kembali digelar. Dalam ajang tahunan itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil keluar sebagai juara umum. Namun untuk KJI, ITS harus mengakui keunggulan Universitas Brawijaya (UB) Malang yang kembali membawa pulang gelar juara umum untuk ketiga kalinya.

Di ajang KJI, ITS mengirim dua tim. Masing-masing berlaga di kategori jembatan busur dan jembatan baja. Sementara pada jembatan beton tahun ini, perwakilan ITS tidak berhasil menembus seleksi. Meski demikian, ITS akhirnya mampu menorehkan prestasi.

Di kategori jembatan baja misalnya, mereka mampu mendapat penghargaan sebagai jembatan terealistis. Sedangkan di kategori jembatan busur, ITS sukses mendapat penghargaan sebagai jembatan terkokoh. Tidak hanya itu, mereka juga mampu keluar sebagai juara di kategori jembatan busur.

Sementara di ajang KBGI, ITS pulang dengan predikat juara umum karena berhasil meraih empat gelar di ajang tersebut. Pertama, gelar tim dengan kreativitas dalam rancang bangun terbaik. Kedua, gelar tim dengan metode pelaksanaan konstruksi terbaik. Ketiga, meraih penghargaan sebagai tim dengan struktural terbaik. Lalu keempat dan yang paling bergengsi, Tim ITS sukses merebut gelar jawara KBGI.

Ketua Tim KJI dan KBGI Gifari Zulkarnaen mengungkap, hasil ini tidak terlepas dari kerja keras yang dilakukan oleh kontingen KJI dan KBGI ITS. Di kategori jembatan busur contohnya, jembatan sudah siap untuk dilombakan satu minggu sebelum hari pelaksanaan. Hal yang sama juga terjadi pada tim KBGI. Mereka juga sudah siap untuk berkompetisi seminggu sebelumnya hari pelaksanaan.

Maka, tidak mengherankan ketika prestasi Tim ITS meningkat dibandingkan tahun lalu. "Tahun ini kita bisa juara umum KBGI. Kalau yang jembatan busur memang dari tahun ke tahun kita menang di kekokohannya. Dan, alhamdulillah bisa juara 1 juga," ujar Gifari, seperti dinukil dari ITS Online, Rabu (26/11/2014).

Sayang, hal itu tak terjadi di kategori jembatan baja. "Sehari sebelum kompetisi digelar, jembatan tersebut masih pengerjaan. Bahkan, sempat patah dan sangat parah," katanya.

Tak ingin berpuas diri, Gifari mengaku akan melakukan berbagai evaluasi, terutama dalam hal persiapan. Sehingga, dia berharap dapat mempertahankan gelar juara umum dalam kompetisi serupa di tahun mendatang.

"Kami hanya kurang persiapan. Akan kami evaluasi hasil dari kompetisi ini. Sehingga, tahun depan bisa mempertahankan juara umum KBGI dan merebut juara umum KJI," tutup mahasiswa jurusan teknik sipil itu.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini