nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Baswedan

Isnaini, Jurnalis · Selasa 02 Desember 2014 12:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 02 17 1073451 anies-baswedan-2JCN6DwRfO.jpg Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dipercayakan Presiden Jokowi kepada Anies Rasyied Baswedan. Intelektualitas dan jam terbangnya tak lagi diragukan.

Anies Baswedan, dilahirkan dari pasangan akademisi. Ayahnya, Rasyid Baswedan, merupakan dosen di Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia, sementara ibunya, Prof. Dr. Aliyah Rasyid, M.Pd. merupakan guru besar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Selama mengenyam pendidikan, pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 45 tahun silam itu kerap mendapat tawaran beasisiwa baik dalam maupun luar negeri selama mengenyam pendidikan.

Anies menerima sejumlah beasiswa di antaranya studi master bidang International Security and Economic Policy di University of Maryland, College Park dan Gerald S. Maryanov Fellow dari Northern Illinois University. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa Northern Illinois University dengan prestasi dan integritas dalam pengembangan ilmu politik.

Kariernya dalam bidang akademik sangat mulus, dimulai sebagai peneliti dan koordinator proyek di Pusat Antar-Universitas Studi Ekonomi UGM, direktur riset The Indonesian Institute, hingga menjabat menjadi rektor Universitas Paramadina pada usia 38 tahun. Anies pun dinobatkan sebagai rektor termuda di Indonesia. Anies juga menggagas pengajaran antikorupsi dengan membuat mata kuliah wajib Antikorupsi.

Setelah lama bergelut dalam gerakan sosial, suami dari Fery Farhati Ganis itu terpanggil memasuki dunia politik. Anies diundang untuk terlibat mengurus negeri dengan mengikuti bursa pemilihan calon presiden dalam Konvensi Partai Demokrat pada 27 Agustus 2013. Anies menerima undangan tersebut dengan ikhtiar untuk ikut melunasi janji kemerdekaan.

Rupanya, karier di dunia poltik tak semulus saat dirinya menjadi akademisi. Anies kalah dalam bursa Konvensi Demokrat dan mulai berganti arah. Ayah empat anak itu mendapat kepercayaan untuk menjadi Juru Bicara Pasangan Capres dan Cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla pada masa kampanye Pilpres 2014.

Nama Anies pun kembali bersinar di dunia politik. Pasca kemenangan pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014, pria yang menjadi salah satu dari 20 orang penting dalam 20 tahun yang akan datang itu, diundang membantu Tim Transisi. Anies merupakan Deputi Tim Transisi Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Bidang kerja Anies meliputi dua janji utama Jokowi-JK dalam kampanye pilpres yakni Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.

Bidang ini juga meliputi beragam isu fundamental pembangunan manusia Indonesia seperti pendidikan, pangan, dan kesehatan. Bersama tim transisi bidang kesra Anies telah menghasilkan beragam isu, solusi dan masukan kebijakan bagi pemerintahan Jokowi-JK ke depan.

Nama Lengkap: Anies Rasyid Baswedan

TTL: Kuningan, 7 Mei 1969

Agama: Islam

Nama Istri: Fery Farhati Ganis

Nama Anak: Mikail Azizi dan Ismail Hakim

PENDIDIKAN

SMP Negeri 5 Yogyakarta

SMA Negeri 2 Yogyakarta

Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada

School of Public Affairs, University of Maryland, College Park

Nothern Illinois University

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini