nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indra Sjafri

Fetra Hariandja, Jurnalis · Selasa 02 Desember 2014 13:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 02 17 1073511 indra-sjafri-FErcscBsRg.jpg Indra Sjafri

SEPTEMBER 2013 menjadi momentum yang tidak bisa dilupakan seluruh insan sepakbola Indonesia, khususnya Timnas U-19. Melalui drama adu penalti, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan meraih mahkota juara pada Piala AFF 2013. Prestasi emas tersebut dibukukan usai menundukkan Vietnam 7-6.

Pujian mengalir dari berbagai pihak. Seluruh penggawa Garuda Jaya tersebut dielu-elukan bagai pahlawan. Tentu sukses anak bangsa itu tidak lepas dari briliannya strategi yang diracik pelatih Indra Sjafri. Sepakbola Indonesia pun lepas dari kutukan tidak pernah mengangkat trofi juara dalam kurun 22 tahun terakhir.

Pelatih kelahiran 2 Februari 1963 tersebut membayar tuntas kepercayaan federasi sepakbola Indonesia, PSSI. Prestasi itu sekaligus membuktikan bahwa pelatih hebat tidak hanya berada di kota besar. Kepercayaan penuh yang diberikan PSSI kepada seorang pelatih dalam memilih pemain juga menjadi harga mati.

Indra Sjafri merupakan pahlawan sepakbola yang lahir di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kendati namanya tidak tersohor, ia pernah menunjukkan talenta di lapangan hijau. Pada 1980-an, Indra pernah membela dan melatih PSP Padang.

Karier profesionalnya di sepakbola sempat terhenti karena memutuskan bekerja di PT Pos Indonesia Cabang Kota Padang. Hati kecilnya kembali terpanggil untuk membentuk satu tim tangguh. Memang dia tidak serta-merta langsung dipercara membentuk Timnas U-19.

Sebelum namanya populer seperti sekarang, Indra diminta menukangi Timnas U-16 Indonesia yang tampil pada babak penyisihan Piala Asia U-16 di Thailand. Saat itu Indonesia gagal menduduki tangga juara.

Pada 2012, Indra berhasil membawa timnas junior merebut mahkota juara turnamen tingkat Asia, Hong Kong International Youth Football (HKFA) U-17 dan HKFA U-19. Indra juga pernah bertugas sebagai instruktur dan pemandu bakat di PSSI sejak Mei 2009.

Masa emas dan kebahagiaan Indra bersama Timnas U-19 akhirnya usai. PSSI dengan otoritasnya memecat Indra sebagai pelatih setelah Timnas U-19 terhenti pada babak penyisihan Piala Asia 2014.

Awalnya, PSSI akan mempertahankan Indra bila mampu membawa anak asuhnya melaju ke babak empat besar di Piala Asia. Menjadi semifinalis Piala Asia sama artinya meraih tiket langsung berlaga pada Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.

Kini, ayah dari dua anak tersebut memilih menjadi konsultan. Dia bekerja di Akademi Sepakbola Jaya Perkasa Purwakarta yang dibentuk Bupati Dedi Mulyadi.

PROFIL

Nama Lengkap : Indra Sjafri

Nama Panggilan : Indra

TTL : 2 Februari 1963

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Profesi : Pelatih Sepakbola

Nama Istri : Temi Indrayani

Nama anak : Aryandra Andaru dan Diandra Aryandari

Pendidikan : SMA Negeri 2 Padang, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas

Karier

Pemain : PSP Padang (1986-1991)

Kepelatihan: : Timnas Indonesia U-16 (2011), Timnas Indonesia U-19 (2013-2014)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini