nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siti Nurbaya Bakar

Reni Lestari, Jurnalis · Selasa 02 Desember 2014 13:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 02 17 1073512 siti-nurbaya-bakar-GOm55As1iG.jpg Siti Nurbaya Bakar (Foto: Antara)

JAKARTA - Siti Nurbaya Bakar dipercaya menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Siti adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) teladan tahun 2004. Karirnya sebagai pegawai sipil dimulai di Pemerintah Provinsi Lampung tahun 1979, menjalankan tugas penata muda.

Dari sana, Siti Nurbaya naik jabatan menjadi Ketua Bappeda Provinsi Lampung, sebelum kemudian masuk eselon I ketika diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Departemen Dalam Negeri 2001 hingga 2004.

Pada tahun 2006, Siti Nurbaya ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjalankan tugas sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah RI, suatu badan baru yang dibentuk untuk menjembatani kepentingan-kepentingan legislatif pemerintah-pemerintah provinsi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Pergulatannya baik sebagai pegawai sipil maupun di lembaga-lembaga nonpemerintahan mengantarkannya ke dunia politik. Wanita berdarah Betawi itu pada tahun 2013 didapuk menjadi Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

Siti Nurbaya menempuh sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di kota kelahirannya, Jakarta. Gelar sarjana ia raih ketika menimba ilmu di Institut Pertanian Bogor. Siti Nurbaya lalu melanjutkan studi S2 dan S3 di International Institute for Aeroscape Survey ans Earth Science , Enschede, Belanda dan Insitut Pertanian Bogor kolaborasi dengan Siegen University, Jerman.

Nama: Siti Nurbaya Bakar

TTL: Jakarta, 28 Juli 1956 PENDIDIKAN

SD Muhamadiyah III Matraman, Jakarta

SMP Negeri 50 Slamet Riyadi, Jakarta

SMA Negeri 8 Bukit Duri

Institut Pertanian Bogor

International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC), Enschede, Belanda

S-3 IPB dengan Siegen University, Jerman

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini