nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ignasius Jonan

Isnaini, Jurnalis · Selasa 02 Desember 2014 16:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 12 02 17 1073622 ignasius-jonan-AHG3LxoN0X.jpg Ignasius Jonan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ignasius Jonan dipilih Presiden Jokowi menjadi Menteri Perhubungan.

"Kita tahu semuanya, dia Dirut PT KAI, manajer pro yang berpengalaman dalam pengelolaan sektor transportasi publik. Sering tidur di KA, tetapi kali ini tidak boleh tidur, selain di KA juga di pesawat kita tahu," ujar saat mengumumkan nama menterinya di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta.

Jonan pernah membuat sejumlah gebrakan demi memuaskan para pelanggan setia kereta api. Sejak menjabat pada Februari 2009, banyak perubahan yang dilakukan Jonan.

Mulai dari membersihkan pedagang kaki lima dari kereta ekonomi, memasang pendingin ruangan (AC) di kereta ekonomi, menghilangkan kebiasaan penumpang yang naik di atap kereta api, penerapan tiket elektronik di commuterline, pembelian tiket secara online juga kebersihan stasiun dan kereta api.

Pria kelahiran Singapura, 21 Juni 1963 ini menjabat sebagai Direktur Utama PT KAI sesuai dengan penugasan pemerintah melalui Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Menteri BUMN Sofyan Djalil, menggantikan Ronny Wahyudi yang menjabat sejak September 2005.

Di bawah kepemimpinannya, PT KAI yang awalnya rugi kini sanggup mereguk untung. Pada 2008 silam, PT KAI masih rugi Rp80 miliar, kini perseroan tersebut berhasil meraup untung hingga ratusan miliar sejalan perubahan strategi dan budaya SDM.

Terkesima pada kesuksesan Jonan, Menteri BUMN Dahlan Iskan memepercayai Lulusan Universitas Airlangga itu kembali sebagai Direktur Utama, pada tahun 2013.

Suami dari Ratnawati Jonan ini juga meraih penghargaan The Best CEO BUMN, tahun 2014. Penghargaan ini merupakan bagian dari Bisnis Indonesia Award dengan kualifikasi yakni peranan BUMN dalam menerapkan good clear government, ketidakterkaitan dengan masalah hukum, serta popularitas dari BUMN.

Selain itu, pria yang pernah menjabat sebagai Managing Director Citibank ini juga dinobatkan sebagai People of The Year tahun 2013 versi Koran Sindo. Penghargaan lainnya yang diperoleh yakni, Marketeers of The Year tahun 2013. Penghargaan yang diberikan oleh MarkPlus, inc, yang dinilai langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Selain memberikan kepada 8 BUMN, penghargaan ini juga diberikan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk kategori pemerintahan.

Best of the Best CEO BUMN - 2013, penghargaan ini diberikan oleh majalah BUMN Track yang terdiri dari tujuh kategori untuk pemimpin BUMN yakni strategi korporasi, transformasi BUMN, pengelolaan biaya, aplikasi teknologi, bisnis global, pemimpin inspiratif, dan best of the best. Jonan juga meraih penghargaan untuk kategori transformasi BUMN.

Nama: Ignasius Jonan

TTL: Singapura, 21 Juni 1963

Warga Negara: Indonesia

Agama: Katolik

Nama Istri: Ratnawati Jonan

Nama Anak: Monica dan Caterine

PENDIDIKAN

Fletcher School, Tufts University, AS

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Airlangga

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini