Image

Skor Indeks Persepsi Korupsi 2014 Naik

Feri Agus Setyawan, Jurnalis · Rabu, 3 Desember 2014 - 17:11 WIB
Skor Indeks Persepsi Korupsi 2014 Naik (foto : Feri) Skor Indeks Persepsi Korupsi 2014 Naik (foto : Feri)

JAKARTA - Transparency International Indonesia (TII) kembali merilis hasil skor Corruption Perceptions Index (CPI) 2014. Untuk tahun 2014 ini, skor CPI Indonesia 34 menempati urutan 109 dari 175 negara, naik dua poin dari tahun sebelumnya.

Saat memberikan sambutan, Ketua Transparency International Indonesia, Natalia Subagyo mengatakan bahwa CPI ini setiap tahun diluncurkan menjelang hari antikorupsi.

"Yang penting bukan skornya, tapi yang paling penting adalah apa yang akan kita lakukan dengan skor tersebut. Kenaikan skor ini patut diapresiasi sebagai kerja bersama antara pemerintah, masyarakat sipil, dan pebisnis dalam upayanya memberantas korupsi," ujar Sekretaris Jenderal TII, Dadang Trisasongko, saat acara peluncuran CPI 2014 di Jakarta, Rabu (3/12/2014)

Dia melanjutkan selama ini kinerja pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia perlu diapresiasi dengan hasil CPI tahun 2014 ini.

"Hal yang sama juga kita berikan kepada masyarakat sipil yang aktif dalam ikut serta memberikan pendidikan politik bagi warga negara tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi," tambahnya.

Seperti diketahui, Transparency International (TI) meluncurkan CPI sejak 1995 yang digunakan sebagai referensi tentang situasi korupsi. Untuk CPI tahun ini, ada 175 negara yang berpartisipasi dalam penghitungan skor tingkat korupsi.

"Jangan sampai akhirnya korupsi politik mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan akses kesejahteraan bagi warga negara Indonesia," tutup Sekjen TII.(sna)

(sus)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming