nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UGM Tuan Rumah Konferensi Big Data Indonesia 2014

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Rabu 03 Desember 2014 14:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 03 65 1074050 ugm-tuan-rumah-konferensi-big-data-indonesia-2014-r2Hej1Ml78.jpg

JAKARTA - UGM menjadi tuan rumah Konferensi Big Data Indonesia 2014 yang digelar pada 3-4 Desember 2014 di Graha Sabha Pramana (GSP).

Konferensi ini merupakan sarana untuk mempresentasikan dan mendiskusikan inovasi terkini, tren, dan tantangan praktis yang dihadapi, serta solusinya di bidang big data di Indonesia.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika, Kementerian Perindustrian, Ignatius Warsito mengatakan konferensi ini menjadi momentum kebangkitan industri dalam negeri di kancah persaingan global.

“Biasanya kita berkiblat pada Jepang. Padahal kita punya potensi di pasar hardware, software maupun telematika,” papar Warsito melalui siaran pers.

Ia menjelaskan industri lokal Indonesia, seperti hardware, software hingga telematika punya potensi untuk berkembang. Sinergi bersama industri dan perguruan tinggi menjadi harapan bagi pemerintah. “Komitmen kita agar industri dalam negeri kembali menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” katanya.

Sementara itu Rektor UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D menyambut baik terselenggaranya konferensi big data. Kegiatan ini bisa membuka peluang kerja sama baru dengan perusahaan teknologi informasi (TI) baik lokal maupun global.

“UGM terbuka dengan dunia industri untuk kerja sama, termasuk di bidang big data,” tegas Dwikorita.

Konferensi yang digelar selama dua hari ini terdiri dari seminar dan showcase yang terbuka bagi siapa saja yang tertarik dengan big data. Hal ini mengingat relevansi big data bagi semua bidang termasuk bidang industri seperti telekomunikasi, manufaktur, jasa keuangan, periklanan, kesehatan, minyak dan gas, retail, sektor publik, pendidikan maupun penelitian, dan lain sebagainya. Dalam konferensi ini juga akan dilakukan launching komunitas di Big data sebagai wadah praktisi dan peminat big data maupun data science di Indonesia.

Untuk seminar pembicara yang hadir antara lain, Beno K. Pradekso (CEO PT Dua Empat Tujuh), Fajar Muharandy (Teradata Indonesia), Komang Budi Aryasa (Project Director Bigdata Telkom) serta Widyawan,Ph.D (Kepala Pusat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM/JTETI).

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini