nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alex J. Sinaga (Telkomsel)

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 05 Desember 2014 14:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 05 17 1075079 alex-j-sinaga-XxQBMBw6Lo.jpg Presiden Direktur PT Telkomsel Alex J. Sinaga (foto: Okezone)

TIDAK diragukan lagi, kiprah layanan operator Telkomsel dalam bidang telekomunikasi semakin kencang saja. Penyedia layanan seluler ini merupakan penyedia layanan seluler GSM pertama di Indonesia dengan layanan pascabayar.

Perjalanan operator yang identik dengan warna merah ini, dalam dunia telekomunikasi tidak sepenuhnya mulus. Pada 14 September 2012, Telkomsel dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat. Hal ini tidak membuat CEO/Presiden Direktur Telkomsel, Alex J. Sinaga patah arang.

Pria yang menjabat sebagai CEO sejak 2012 ini semakin terpacu untuk menjadikan Telkomsel sebagai operator yang disegani dunia. Langkah tersebut dibuktikan dengan mengubah strategi bisnis perseroan dengan memperkuat layanan data dan berinovasi dalam bisnis digital.

Alex yang lahir di Pemantang Siantar 53 tahun silam, telah malang-melintang di Telkom. Sebelum menjabat menjadi CEO Telkomsel, Alex Menjabat sebagai Direktur Utama PT. Multimedia Nusantara (METRA) sejak 2007. METRA merupakan anak usaha PT. Telkom.

Beberapa posisi strategis pernah didudukinya, seperti General Manager TELKOM Jakarta Barat, Senior Manager Business Performance of Regional II Division, Head of Fixed Wireless Division serta Head of Enterprise Service Division.

Pria yang menggantikan posisi Sarwoto Atmosutarno sebagai CEO Telkomsel ini, pernah mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Lulusan Teknik Elektro Telekomunikasi meneruskan pendidikannya untuk meraih gelar Master dari University of Surrey Guldford, Inggris.

Selain suskses dalam karir, Alex juga aktif di organisasi, dan bahkan pada tahun 2012 ia terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia (ATSI). Sebuah organisasi yang menyatukan para penyelenggara telkomunikasi di Indonesia dalam satu wadah.

Dimana wadah tersebut mempunyai suatu tujuan yaitu untuk menyatukan visi dan misi, meningkatkan kerjasama antar Penyelenggara Telekomunikasi, memajukan dan mengembangkan layanan dan memberikan dukungan seluas-luasnya terhadap pelaksanaan penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia.

PROFIL

Nama Lengkap : Alex Janangkih Sinaga

Tempat/Tanggal Lahir : Pematang Siantar, 27 September 1961

PENDIDIKAN

Institut Teknologi Bandung (ITB)

University of Surrey Guldford, Inggris

PRESTASI

Alex dapat memacu pertumbuhan double digit dan membuat keuntungan tahun 2012 melonjak sebesar Rp15,72 triliun atau naik 23% dibandingkan 2011 sebesar Rp 12,82 triliun.

Disisi lain, jumlah pelanggan pun melesat menjadi 122 juta, termasuk 25 juta pelanggan data pasca masyarakat dilanda kejenuhan sebagai akibat perang tarif yang melanda industri selular.

Karir

- Direktur Utama PT Telkomsel, 2012-sekarang

- President Director PT Multimedia Nusantara, Telkom Group, 2007-2012

- PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk , 2000-2007.

- General Manager of Telkom - West Jakarta, Telkom

- Senior Manager of Performance 2nd Regional Division, Telkom

- Head of Fixed Wireless Network Division, Telkom

- Head of Enterprise Service Division, Telkom

- Preskom PT Sigma Cipta Caraka 2008

- Vice President of Toba Lake Golf Club, 2007

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini