Komentar M Nuh tentang Kebijakan Anies Baswedan

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Selasa 09 Desember 2014 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 09 65 1076920 komentar-m-nuh-tentang-kebijakan-anies-baswedan-tCwHHvmpuM.jpg Mantan Mendikbud M Nuh menganggap kebijakan pembatasan penerapan kurikulum 2013 oleh Mendikbud Anies Baswedan sebagai hal luar biasa. (Foto: Feri U/Okezone)

JAKARTA - Kurikulum 2013 dicetuskan dan diimplementasikan pada masa kepemimpinan Mohammad Nuh sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud). Kini, penggantinya, Anies Baswedan, memutuskan penerapan terbatas kurikulum 2013.

Nuh pun angkat suara. Menurutnya, ini adalah keputusan yang sangat luar biasa.

"Dulu penerapannya dianggap tergesa-gesa. Dan sekarang, keputusan ini hadir saat paling lama baru satu bulan pemerintahan efektif berjalan. Saya juga tidak mengira secepat itu," ujar Nuh, ketika ditemui di Jalan Cut Mutia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/12/2014).

 

Meski demikian, Nuh mengaku, tetap menghormati kewenangan pemerintah. Apalagi, saat ini dia sudah tidak berada di lingkar dalam pemerintahan dan kebijakan publik.

"Tetapi, saya sering menyampaikan bahwa pendidikan itu lintas rezim pemerintahan. Tidak bisa ganti rezim, ganti kebijakan," imbuhnya.

 

Pekan lalu, Mendikbud Anies Baswedan mengirimkan surat kepada 6.326 sekolah tentang penerapan terbatas kurikulum 2013. Sekolah yang bisa menerapkan kurikulum ini adalah yang telah memakainya selama tiga semester. Sedangkan sekolah yang baru memakai kurikulum 2013 selama satu semester diimbau kembali ke KTSP 2006. (bersambung)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini