PKB Survei Risma untuk Maju di Pilwali Surabaya

Nurul Arifin, Okezone · Rabu 10 Desember 2014 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 10 340 1077178 pkb-survei-risma-untuk-maju-di-pilwali-surabaya-Je41BsIWVI.jpg PKB Survei Risma untuk Maju di Pilwali Surabaya (foto: Okezone)

SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga kini belum menyiapkan calon yang akan diusung di pemilihan wali kota (Pilwali) Surabaya pada 2015 mendatang. Sebelumnya sempat mencuat nama artis Arzetti Bilbina, namun nama itu kini tenggelam.

Belakangan diketahui, artis sekaligus model ini dalam proses Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPR menggantikan Imam Nahrawi yang ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga oleh Presiden Jokowi.

Nahrawi mengaku, sejauh ini PKB masih belum mengambil keputusan soal Pilwali Surabaya. "Untuk Surabaya belum tahu dan belum ketemu (siapa yang calonnya)," kata Ketua DPP PKB tersebut di Surabaya, Rabu (10/12/2014).

Tapi, mantan Ketua DPW PKB Jawa Timur ini memberikan parameter kepada PKB Surabaya menyikapi Pilwali ini. Menurutnya, PKB akan mengutamakan kader internal. Artinya, selagi ada kader yang layak untuk diusung lebih diutamakan daripada di luar kader.

Namun, Nahrawi menegaskan belum mengetahui siapa kader PKB yang akan diusung di Pilwali Surabaya 2015. Dia mengaku, akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan DPC PKB Surabaya dan DPW PKB Jawa Timur.

Di dalam setiap Pilkada, katanya, memiliki hitungan tersendiri untuk mengusung calon. Misalnya, dari parameter survei dan parameter koalisi. Parameter itu jelas dan harus jujur jika ingin menang dalam setiap Pilkada.

Ketika disinggung, apakah PKB akan ikut mendukung Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya saat ini, Nahrawi mengaku akan melakukan survei terlebih dahulu terhadap sosok wali kota perempuan itu.

Survei tersebut menyangkut tingkat kepuasan publik selama kepemimpinan. "Kalau dari segi popularitas, saya yakin Bu Risma sangat tinggi. Tapi untuk menuju ke arah elektabilitas dan akseptabilitas harus ada survei terkait kepuasan publik," jelasnya.

Sementara, informasi yang dihimpun, setelah wacana menggulirkan Arzetti Bilbina sebagai kandidat Wali Kota dari PKB ini kandas, partai yang digawangi Muhaimin Iskandar itu sedang mencari calon lagi. Salah satu nama yang mencuat adalah Ketua DPC PKB Surabaya Syamsul Arifin.

Saat ini PKB sedang menggalang dukungan untuk calon tersebut. Sebab, PKB Surabaya tidak bisa mengusung calon karena hanya memiliki lima kursi di DPRD Kota Surabaya. Kurang tiga kursi untuk menuju 15 persen dari persyaratan. Partai berlambang bola dunia ini pun harus menggandeng mitra koalisi di Pilwali Surabaya 2015.(fid)

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini