Image

Pemutaran Film Senyap di Universitas Brawijaya Dibatalkan

Hari Istiawan, Jurnalis · Rabu, 10 Desember 2014 - 17:53 WIB
Pemutaran Film Senyap di Unibra Dibatalkan (ilustrasi) Pemutaran Film Senyap di Unibra Dibatalkan (ilustrasi)

MALANG - Komando Distrik Militer (Kodim) 0833 Kota Malang akan mengawasi dan memantau secara ketat agenda pemutaran film berjudul "Senyap" atau The Look of Silence yang di putar di Kota Malang, Jawa Timur.

Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Infanteri Gunawan Wijaya, mengatakan, ini dilakukan untuk menjaga stabilitas kondisi di Kota Malang yang dikenal dengan kota yang memiliki penduduk sangat geterogen.

Terkait pemutaran film tersebut, Gunawan khawatir kalau film itu bersifat provokatif dan menyebarkan paham komunis dan mengancam NKRI. "Kalau untuk edukasi ya monggo," katanya saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (10/12/2014).

Ia menegaskan bahwa dirinya tidak membenci masyarakat atau orang-orang yang punya hubungan dengan paham tersebut, namun yang dilarang adalah penyebaran dan upaya untuk menggoyang Ideologi Pancasila. "Ini kan yang perlu kita waspadai," ujarnya.

Sebagai pembina kewilayahan, Gunawan tidak rela wilayahnya digoyang dengan riak-riak semacam itu dan menurutnya harus dipantau. Karena itu, upaya pendekatan agar film itu tidak diputar sudah dilakukan, namun bagi yang masih memutar akan menjadi catatan mereka.

Dari tujuh lokasi pemutaran film ini, panitia penyelenggara menginformasikan jika pemutaran di FIB Universitas Brawijaya Malang hari ini batal dilakukan karena dilarang pihak kampus dengan alasan perijinan. Namun, pemutaran di tempat lainnya masih bisa diputar sesuai jadwal.

"Hanya di FIB UB yang dibatalkan pemutarannya," kata panitia dari Lembaga Bhinneka, Andri Juni.

The Look of Silence atau Senyap merupakan film dokumenter tentang Adi. Dia merupakan adik dari Ramli, salah satu korban pembantaian 1965-1966 di salah satu desa perkebunan terpencil di Sumatera Utara. Adi berprofesi sebagai tukang kacamata keliling. (kem)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming