DPD PAN Bentuk Tim Jaring Calon Walikota Surabaya

Nurul Arifin, Okezone · Selasa 16 Desember 2014 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 16 340 1080119 dpd-pan-bentuk-tim-jaring-calon-walikota-surabaya-Pp5hvdNENj.jpg DPD PAN Bentuk Tim Jaring Calon Walikota Surabaya

SURABAYA - Dewan Pimmpinan Daerah (PAN) Kota Surabaya membentuk Tim 8 untuk melakukan penjaringan calon dalam Pilwali Surabaya tahun 2015. Hasil sementara, tim tersebut melihat suara arus bawah yang banyak condong ke Tri Rismaharini untuk dicalonkan lagi sebagai Walikota Surabaya priode mendatang.

"Hasil analisa tim 8, arus bawah dari PAN lebih condong ke Bu Risma (Tri Rismaharini). Tapi untuk keputusan resmi masih menunggu rapat pleno DPD PAN Surabaya," kata kordinator Tim 8 DPD PAN Surabaya, Hamka Mudjiadi Salam, Selasa (16/12/2014).

Dia menjelaskan, saat ini PAN memiliki empat Kursi di DPRD Surabaya. Dan untuk mengusung calon dibutuhkan 20 persen dari jumlah kursi. Dengan demikian membutuhkan koalisi untuk mengusung calon. Hamka juga mengaku dalam berkoalisi tidak perlu menggunakan konstalasi politik nasional yang terpecah dalam Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

"Koalisi itu untuk Surabaya. Bukan terpaku pada konstalasi politik nasional. Yang terpenting untuk Surabaya saja," jelasnya.

Ia mengungkapkan, di Pemilu lalu PAN memperoleh 74 ribu suara. Jumlah tersebut meningkat dari 53 ribu pemilu 2009.

Hamka juga mengaku, hasil dari Tim 8 ini menunjukkan alasan condong ke Risma untuk dicalonkan sebagai Walikota lagi. Pasalnya, banyak yang kepincut dengan sepak terjang Risma terkait penutupan sejumlah lokalisasi di Surabaya.

"Sebagai seorang walikota perempuan, ini adalah prestasi yang cukup bagus bisa menutup lokalisasi sekelas Dolly. Warga PAN menganggap Tri Rismaharini sesuai dengan jargon PAN yang nasionalis dan religius. Namun, untuk menentukan calon harus melalui mekanisme partai," katanya.

Dia menjelaskan, mekanisme yang akan diambil Tim 8 yaitu merekomendasikan sejumlah calon. Sementara saat ini, baru Tri Rimaharini yang muncul. Dari hasil rekomendasi itu akan diputuskan dalam rapat pleno pengurus harian DPD PAN Surabaya. Setelah itu, nama akan disosialisasikan ke tingkat DPW hingga DPP.

"Untuk Calon murni dari keputusan DPD PAN Surabaya. DPW dan DPP hanya bersifat kordinatif," katanya. "Rapat Pleno Harian ini akan di gelar pada Januari 2015," tukasnya.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini