Image

Kampus Bebas Kelola Block Grant Riset

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Rabu 17 Desember 2014, 10:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 17 65 1080370 kampus-bebas-kelola-block-grant-riset-IoTYz8OVaj.jpg PTN BH bebas mengelola block grant penelitian dengan mempertanggungjawabkan HaKI dan hak paten. (Foto: shutterstock)

JAKARTA - Kampus dibebaskan dalam pengelolaan block grant dana riset. Kebijakan Menteri Ristek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir ini pun memberikan wewenang otonomi kepada perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH).

Menurut Nasir, skema ini serupa dengan penyerahan dana dari pemerintah pusat ke kabupaten/kota. "Jika dulu berlandaskan ketidakpercayaan, maka sekarang kita mulai dari saling percaya," ujar Nasir, dalam acara Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) 2014, di Gedung Dikti, Senayan, Jakarta, tadi malam.

Nasir melanjutkan, amanat pengelolaan mandiri dana block grant ini juga ada konsekuensinya. PTN harus mempertanggungjawabkan berapa Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan hak paten yang dihasilkan dari otonomi tersebut.

Mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) ini pun mendorong para pemegang HaKI untuk mendapatkan hak paten. Tetapi, imbuhnya, sebaiknya mereka tidak dibebani kewajiban jika produk inovasi yang dihasilkan belum mendatangkan royalti.

"Selama belum bisa dihilirisasi dan komersialisasi, HaKI-nya tidak perlu dicabut. Sepanjang itu belum dapat royalti, tidak dikenakan biaya HaKI. Setelah mendapatkan dan menghasilkan royalti, baru bisa diminta bayaran hak paten," ucapnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini