nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gamalama Meletus Dua Kali, Status Waspada Level II

Rival Fahmi, Jurnalis · Jum'at 19 Desember 2014 00:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 19 340 1081287 gamalama-meletus-dua-kali-status-waspada-level-ii-ktotk2NMcC.jpg Gunung Gamalama di Maluku Utara

TERNATE- Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, kembali meletus. Dua kali letusan Gamalama mengakibatkan debu vulkanik menghujani sebagian kota Ternate, khususnya di wilayah bagian timur di kaki gunung tersebut. Paska letusan, Gunung Gamalama kini berstatus waspada (Level II).

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Darno Lamane, ketika dihubungi, Jumat dinihari mengatakan, letusan pertama terjadi pukul 21.41 WIT. Sedangkan letusan kedua pada pukul 22.45 WIT dengan ketinggian semburan abu vulkanik 200 meter.

“Sedangkan abu vulkanik yang disemburkan gunung api diperkirakan setinggi 1.700 meter lebih dari permukaan laut yang menyebar ke sejumlah wilayah di Kota Ternate, seperti di Kecamatan Pulau Ternate, Ternate Selatan, Ternate Tengah dan Ternate Utara,” kata Darno.

Darno mengatakan, meski Gunung Gamalama sudah dua kali menyemburkan abu vulkanik, statusnya masih tetap waspada (level II). “Masih dikaji untuk perkembangan aktivitas vulkanik lanjutan,” tuturnya.

Masyarakat sendiri diimbau untuk tetap waspada dan tidak perlu khawatir serta tidak terprovokasi dengan berbagai informasi yang tidak benar terkait dengan adanya letusan di gunung Gamalama. “Tidak perlu panik. Sebaiknya mendengarkan informasi dari pemerintah setempat,” pungkasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini