Australia Puji Kemajuan Aceh Usai 10 Tahun Tsunami

Salman Mardira, Okezone · Selasa 23 Desember 2014 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 23 340 1082973 australia-puji-kemajuan-aceh-usai-10-tahun-tsunami-J4h20Av5Bo.jpg Ilustrasi (dok. Okezone)

BANDA ACEH - Australia melalui kedutaan besarnya di Indonesia memuji kemajuan Aceh setelah 10 tahun tsunami. Pemerintah negara itu berjanji akan terus bekerjasama dengan Aceh dan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan masa mendatang.

"Aceh telah maju secara pesat setelah bencana besar satu dasawarsa lalu. Pembangunan berlangsung di semua aspek termasuk ekonomi, pendidikan dan kesehatan," kata Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia, David Engel, dalam pernyataannya kepada Okezone, Selasa (23/12/2014).

"Tantangan pembangunan merupakan prioritas kami dan Pemerintah Australia akan terus bekerja sama dengan masyarakat Aceh dan Pemerintah Indonesia untuk mengatasi tantangan-tantangan ini," lanjut Wakil Duta Besar negeri Kangguru itu.

Angel berjanji menghadiri peringatan 10 tahun tsunami Aceh dan Nias di Banda Aceh pada 26 Desember 2014. Ia akan bergabung dengan perwakilan senior dari Indonesia dan delegasi internasional lainnya, untuk memperingati dan menandai kebangkitan rekonstruksi Aceh setelah gempa bumi dan tsunami Samudera Hindia 2004.

Menurutnya, setelah kehancuran tsunami 2004, Australia memberikan kontribusi signifikan terhadap pemulihan Aceh, yakni membangun kembali infrastruktur dan membantu masyarakat Aceh untuk membangun kembali kehidupan mereka.

Beberapa hari setelah bencana, lanjut dia, Pemerintah Australia mengumumkan paket bantuan sebesar 1 miliar dolar Australia. Melalui berbagai program bantuan, Australia mendukung rekonstruksi sekolah, balai desa, dan fasilitas kesehatan.

"Ini membantu membangun kembali mata pencaharian dan membantu banyak warga Aceh untuk mengembangkan keterampilan guna meningkatkan jasa pelayanan pemerintah," ujar Angel.

Selama kunjungannya ke Aceh, Engel akan memberikan penghormatan kepada para korban tsunami di kuburan massal Siron dan mengunjungi pameran ‘Thanks to the World’.

Upacara puncak peringatan 10 tahun tsunami yang menerjang Aceh dan pesisir Samudera Hindia akan digelar di Lapangan Blang Padang pada Jumat 26 Desember nanti. Puluhan perwakilan negara donor dan lembaga international akan hadir.

Presiden Joko Widodo dipastikan memimpin refleksi bencana yang telah meluluhlantakkan Aceh dan Nias, serta merenggut lebih 200 ribu korban jiwa itu.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini