Menlu AS Ikut Memperingati Tsunami Aceh

Hendra Mujiraharja, Okezone · Rabu 24 Desember 2014 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 24 18 1083589 menlu-as-ikut-memperingati-tsunami-aceh-KBIlnkF76Z.jpg Mobil terhempas tsunami. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Sabtu 26 Desember 2014, Indonesia akan memperingati 10 tahun tragedi tsunami yang menimpa Aceh dan sekitarnya. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry pun menyatakan turut berduka atas insiden tersebut.

Sebagaimana diketahui, genap satu dekade sudah musibah dahsyat gelombang tsunami yang menyapu wilayah Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Tidak hanya di Aceh, sejumlah negara asia lainnya seperti Jepang juga mengalami hal yang sama.

“Saya tidak akan pernah melupakan berita mengenai tsunami yang terjadi di Perairan India 10 tahun lalu. Air meratakan seluruh kota dari Indonesia hingga Somalia terkena dampaknya. Ratusan ribu orang tewas dan banyak yang terpisah dari keluarganya,” kata Menlu Kerry, dalam rilis yang didapat Okezone, Rabu (24/12/2014).

Bencana tsunami Aceh terjadi tepat sehari setelah perayaan Natal, yaitu pada 26 Desember 2004. Bencana ini berawal dari gempa bumi berkekuatan 9,3 skala Richter di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut, tepatnya di Pulau Simeulue yang ada di laut barat Sumatera.

“Hari ini kami menghentikan semua kegiatan untuk mengenang para korban, mulai petani dan nelayan hingga para wisatawan dari negara kami. Saya tahu tidak ada kata-kata yang bisa diucapkan mengenai tragedi ini. Tidak mungkin menghapus luka orangtua yang kehilangan anaknya, atau anak yang kehilangan orangtuanya,” sambung dia.

“Kami mengakui jutaan orang yang berkontribusi dalam upaya pemulihan, dan kami menghormati usaha mereka yang terus bekerja dari tahun ke tahun sejak tragedi itu untuk membantu para korban mengambil potongan dan membangun kembali komunitas mereka. Tsunami adalah salah satu yang terburuk yang pernah kita lihat. Tapi, insiden itu membuat kita menjadi lebih baik lagi,” lanjutnya.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini