JK Menangis Saksikan Tayangan Tsunami Aceh

Salman Mardira, Okezone · Jum'at 26 Desember 2014 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 26 340 1084031 jk-menangis-saksikan-tayangan-tsunami-aceh-29UHaJoM0a.jpg Salah satu bangunan di Banda Aceh rusak akibat gempa disusul tsunami (Antara)

BANDA ACEH - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), mengaku, menitikkan air mata saat melihat tayangan video gelombang tsunami menyapu Aceh dalam acara Peringatan 10 Tahun Tsunami di Banda Aceh.

"Saya tadi menitikkan air mata saat menonton film itu," ujar JK dalam pidatonya di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat (26/12/2014).

Hal itu justru berbanding terbalik saat JK menyaksikan langsung kondisi Aceh pasca tsunami menerjang Minggu 26 Desember 2004 silam. Kala itu, JK menjabat sebagai wakil presiden mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Justru kala itu saya tidak menangis. Saya katakan, kalau saya menangis, siapa lagi yang akan membantu," ujarnya disambut tepuk tangan peserta Peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh.

Menurutnya, pemerintah tidak langsung mengetahui apa yang terjadi di Aceh saat itu. Informasi pertama yang didapatnya adalah terjadi gempa dengan korban jiwa sekira 60 orang di Aceh. Kemudian malam harinya, jumlah korban bertambah menjadi 5.000 orang.

"Keesokan harinya saya datang (ke Aceh), saya lihat lebih dari 20 ribu orang meninggal. Besoknya lagi bertambah menjadi 50 orang sampai akhirnya kita tau, korban meninggal mencapai 200 ribu jiwa," terangnya.

Dalam sambutannya, JK juga menyampaikan permintaan maaf dari Presiden Jokowi karena tidak bisa hadir dalam acara tersebut. Menurutnya, Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke daerah.

Peringatan 10 tahun tsunami Aceh dihadiri oleh duta besar sejumlah negara yang ikut terlibat dalam operasi kemanusiaan bencana tsunami. Acara itu juga diliput oleh media-media asing.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini