nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tujuh Jurusan Kuliah Tak Biasa

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Kamis 22 Januari 2015 11:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 01 21 65 1095457 tujuh-jurusan-kuliah-tak-biasa-LDPubi9IkV.jpg Foto: shutterstock

JAKARTA – Biasanya, perguruan tinggi merancang jurusan dan mata kuliah sesuai kebutuhan mahasiswa untuk terjun ke dunia industri. Tidak heran, jurusan klasik seperti bisnis manajemen dan teknologi selalu dibanjiri peminat.

Tetapi, mahasiswa di beberapa kampus Amerika Serikat punya pilihan jurusan yang tidak biasa. Jurusan-jurusan unik itu mengusung kebudayaan hingga sinetron televisi ke dalam diskusi ilmiah di kelas.

Berikut ini tujuh jurusan kuliah unik, seperti dinukil dari Her Campus, Kamis (22/1/2015).

1. Kebudayaan Pop

Jika kamu suka banget nonton film-film serial di televisi atau terobsesi dengan selebriti tertentu, maka jurusan ini sangat cocok. Mahasiswa Kebudayaan Pop di Bowling Green State University (BGSU) mempelajari televisi, musik dan literatur populer, serta taman hiburan dan film. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa mengejar berbagai karier, khususnya di bidang jurnalistik, media massa, hubungan masyarakat, dan periklanan.

2. Ilmu dan Manajemen Toko Roti

Jurusan ini dapat ditemui di Kansas State University dan bisa menjadi bekal ilmu jika ingin membuka toko roti (bakery) sendiri. Di sini, mahasiswa dilatih untuk menguasai industri roti mulai dari urusan administratif, riset, produksi, hingga berbagai posisi eksekutif di bidang ini. Mahasiswa bisa memilih fokus manajemen produksi yang berorientasi bisnis atau kimia sereal yang orientasinya pada kontrol mutu, riset, dan pengembangan.

3. Komedi: Penulisan dan Penampilan

Humber College di Kanada menawarkan mata kuliah ini untuk membantu mahasiswa memulai karier di bidang seni dan hiburan. Kampus akan mengajarkan kemampuan komedi tunggal (stand up comedy) serta penulisan naskah dan sketsa komedi.

4. Teknik Kostum

Mahasiswa yang bermimpi menjadi perancang kostum suatu penampilan bisa mengambil jurusan Teknik Kostum di DePaul University, Chicago. Program ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menekuni berbagai profesi menyangkut kebutuhan kostum suatu pementasan seni. Lulusannya berkesempatan menggelar pameran di hadapan para alumni, direktur seni, dan klien potensial lainnya.

5. Manajemen Bunga

Mississippi State University membuka program manajemen bunga untuk mereka yang mencintai dunia flora. Industri bunga sendiri menjanjikan beragam kesempatan karier, mengingat kebutuhan akan bunga yang begitu tinggi sebagai dekorasi hingga sarana terapi kesehatan.

6. Pendidikan Petualangan

Green Mountain College menawarkan gelar sarjana pendidikan di bidang petualangan. Sebagai bagian dari program kuliah, mahasiswa akan belajar tentang ekspedisi alam seperti menjelajahi pegunungan, memanjat tebing, hingga bermain kayak.

7. Pemeliharaan dan Studi Anggur

Cornell University di Ithaca akan mendidik mahasiswa mejadi ahli dalam budidaya anggur dan pembuatan wine. Mahasiswa akan mempelajari iklim, kualitas tanah, serta berbagai aspek dalam industri ini.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini