Share

Maluku Harus Bangkit!

Fiddy Anggriawan , Okezone · Rabu 28 Januari 2015 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 28 340 1098116 maluku-harus-bangkit-j9iegbBKP9.jpg Maluku Harus Bangkit (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kebijakan pemerintah pusat seakan kurang peduli dengan pembangunan di Maluku. Apalagi sejak kerusuhan etnis dan SARA pada awal reformasi, banyak gedung dan fasilitas pendidikan yang hancur dibakar.

Sampai kini, pendidikan di Maluku jauh dari maju, padahal potensi alam, laut, dan SDM sangat luar biasa. โ€œKita dimiskinkan secara struktural dan sampai kini, seperti anak tiri.โ€ kata Wakil Rektor Universitas Pattimura Ambon, Nus Saptenno, Selasa (27/1/2015).

Sedangkan, Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Engelina Pattiasina, mengatakan perubahan bagi kemajuan dan kesejahteraan Maluku, memang harus dilakukan oleh orang Maluku sendiri.

โ€œOrang lain banyak tak peduli, pemerintah juga kurang peduli. Makanya, mari kita bangun bersama, kita kaya dan kita mampu,โ€ ujar Engelina.

Dia pun mengusulkan agar Kepulauan Lease di Maluku yang terdiri atas tiga pulau yakni Pulau Saparua, Haruku, dan Nusalaut, menjadi warisan dunia. Alasan pengusulan ini mengingat Kepulauan Lease memiliki keindahan, potensi alam, dan peran sejarah yang sangat fondamental bagi Indonesia.

"Salah satu pulau di Kepulauan Lease yakni Pulau Nusalaut, merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu. Penetapan Kepulauan ini sebagai warisan dunia juga untuk mengenang dan mengaktualkan nilai-nilai perjuangannya," paparnya.

Engelina mengusulkan idenya dalam sebuah sarasehan dengan tema Memaknai Warisan Nilai Juang Martha Christina Tiahahu (4 Januari 1800- 4 Januari 2015).

Sarasehan ini juga dihadiri tokoh masyarakat Maluku Raja Abubu Nusalaut dan juga tokoh lainnya, dibuka Deputi Bidang Sosial dan Hukum Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Heru Karsidi. (fmi)

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini