Image

Sergio Mattarella Terpilih Menjadi Presiden Italia

Ferry Ardiansyah, Jurnalis · Sabtu, 31 Januari 2015 - 20:43 WIB
Sergio Mattarella Terpilih Menjadi Presiden Italia (Foto:IB Times) Sergio Mattarella Terpilih Menjadi Presiden Italia (Foto:IB Times)

ROMA – Sergio Mattarella terpilih menjadi Presiden Italia yang ke-12 setelah Perdana Menteri (PM) Matteo Renzi memilihnya. PM Renzi memilih Mattarella untuk melawan aliansi politik yang dipimpin oleh Silvio Berlusconi.

Seperti dilansir IB Times, Sabtu (31/1/2015). Mattarella merupakan seorang hakim konstitusi dari Provinsi Sicilia. Dia memulai karir di dunia politik pada 1983 melalui Partai Kristen Demokrat Italia.

Dia pernah menjabat beberapa posisi menteri hingga tahun 1990. Ia keluar pada tahun tersebut dari dunia politik karena tidak senang koalisi yang dipimpin oleh Silvio Berlusconi.

Pada 1999 ia kembali ke dunia politik dan menjabat sebagai Deputi Perdana Menteri Italia dan Menteri Pertahanan dalam kabinet yang dipimpin oleh Massimo D'Alema.

Mattarela menjabat Menteri Pertahanan hingga tahun 2001 dan menjadi anggota Parlemen Italia hingga tahun 2010.

Kemudian ia ditunjuk menjadi salah seorang Hakim Konstitusi di Mahkamah Konstitusi Italia pada 2011.

Jabatan Presiden Italia hanya bersifat seremonial. Ia hanya bertugas untuk menjaga stabilitas politik dan penegakan hukum.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming