Share

Target Serangan Kartunis Swedia, Pelaku Penembakan Satu Orang

Jihad Dwidyasa , Okezone · Minggu 15 Februari 2015 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 15 18 1106014 target-serangan-kartunis-swedia-pelaku-penembakan-satu-orang-AbAJQ0BtND.jpg

COPENHAGEN – Perdana Menteri Denmark menyatakan aksi penembakan brutal yang terjadi di kafe Krudttonden, Copenhagen, merupakan teror berkedok upaya pembunuhan. Penembakan brutal itu terjadi saat berlangsung diskusi bertajuk seni, penghujatan, dan kebebasan berekspresi yang dihadiri kartunis kontroversial asal Swedia, Lars Vilks.

“Kami merasa yakin sekarang bahwa itu adalah serangan bermotif politik, dengan demikian itu adalah serangan teroris,” demikian pernyataan PM Denmark, Helle Thornin-Schmidt, seperti diberitakan ABC News, Minggu (15/2/2015).

Senada dengan pernyataan PM Thornin-Schmidt, Kepolisian Denmark yang terus menyelidiki tempat kejadian perkara mengatakan peristiwa itu merupakan aksi teror. Tim penyelidik awalnya mengatakan mereka sedang mencari dua orang pelaku, namun setelah melakukan wawancara dengan para saksi di lapangan, mereka mengatakan hanya ada satu pelaku.

“Ada banyak tembakan ke arah ruang konferensi. Saya melihat salah satu pelaku berlari dan menggunakan penutup wajah, sehingga tidak terlihat mukanya. Bahkan saya tidak yakin pelakunya satu atau dua orang,” ujar panitia acara diskusi sekaligus saksi mata, Helle Merete Brix.

“Saya jelas menganggap ini sebagai serangan terhadap Lars Vilks, karena dia hadir di acara diskusi ini,” lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, telah terjadi penembakan brutal di kafe Krudttonden saat berlangsung acara diskusi bertajuk seni, penghujatan dan kebebasan berekspresi dalam rangka memperingati dikeluarkannya fatwa dihalalkannya darah Salman Rushdie, penulis buku Ayat-Ayat Setan.

Pihak Kepolisian Denmark telah merilis secara resmi ciri-ciri salah seorang pelaku penembakan. Dia berpenampilan seperti orang Arab, berkulit kuning, tinggi badan sekitar 185 sentimeter, dan berambut hitam. Orang itu berumur sekira 25-30 tahun dan memiliki tubuh atletis.

Selang beberapa jam kemudian, aksi penembakan juga terulang di depan Sinagog di Copenhagen. Seorang korban ditembak di kepala dan dua polisi tertembak di tangan dan kakinya. Kejadian tersebut hanya berjarak sekira dua mil dari kafe Krudttonden.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini