nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nico Hulkenberg

Rintani Mundari, Jurnalis · Selasa 17 Februari 2015 17:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 02 17 17 1107082 nico-h-lkenberg-H2crY4eXfo.jpg Nico Hulkenberg/Foto: AFP
NICO Hülkenberg mungkin tak terlalu diperhitungkan di jajaran pembalap Formula One (F1). Pasalnya, sejak terjun ke balapan F1 pada 2010, ia belum sekalipun merasakan manisnya gelar juara.

Pada musim lalu, pembalap berusia 27 tahun itu hanya mampu finis di urutan kesembilan klasemen akhir dengan raihan 96 angka. Namun bukan tak mungkin, musim ini justru menjadi musim kejayaan bagi pembalap berkebangsaan Jerman tersebut.

Hülkenberg mulai mengenal dunia balap sejak ia berusia 10 tahun. Pada 2002, ia berhasil menjuarai ajang Karting pertamanya untuk kelas yunior dan untuk kelas senior di musim berikutnya.

Kemudian pada 2005, ia menjajal ajang Formula BMW Jerman. Hebatnya, tak membutuhkan waktu lama untuk Hülkenberg menunjukkan talenta emasnya di balik kemudi, ia berhasil mengklaim gelar juara pertamanya. Sosok Hülkenberg pun kian mendunia seiring penampilannya yang kian bersinar, menjuarai ajang Formula 3 Masters musim 2007, Formula 3 Euroseries musim 2008 dan Grand Prix 2 musim 2009. Wajar apabila kemudian Hülkenberg digadang-gadang sebagai “kembaran” Michael Schumacher.

“Saya dapat mengatakan bahwa anak ini (Hülkenberg) memiliki bakat yang luar biasa. Banyak hal darinya yang membuat saya teringat akan sosok Michael Schumacher,” kata manajer Hülkenberg, Willi Weber saat itu.

Hülkenberg memanfaatkan kesempatan sebagai test driver tim Williams pada 2009. Semusim kemudian, ia melakukan debutnya di ajang F1 bersama pabrikan asal Jerman tersebut dan menjadi mitra dari pembalap veteran, Rubens Barrichello.

Akan tetapi, perjalanan kariernya bersama Williams berjalan singkat. Ia pindah kemudi untuk menjadi pembalap ketiga Force India pada 2012, setelah menjadi test driver selama 2011. Usai menunggangi Force India, Hülkenberg beralih ke Sauber untuk menggantikan peran Sergio Pérez yang bergabung dengan McLaren. Sayang, bersama pabrikan asal Swiss tersebut, ia gagal tampil mengesankan. Satu-satunya catatan terbaik Hülkenberg terjadi di seri balapan Korea Selatan, yakni finis di urutan keempat. Hülkenberg pun memutuskan untuk kembali bergabung dengan Force India pada 2014.

Timnya bernaung memberi izin untuknya menandatangani kontrak bersama Porsche Team untuk mengikuti ajang balapan enduro Le Mans pada 2015. Hülkenberg yang masih tergabung sebagai pembalap Force India diberi hak istimewa dari Team Principal Force India, Vijay Mallya untuk berlaga di luar agenda F1.

Menarik untuk disaksikan komitmen dan penampilan pembalap berjuluk The Magic Hulk tersebut di dua ajang bergengsi –F1 dan balapan enduro Le Mans- tersebut musim balapan 2015.

Profil:

Nama: Nicholas Hülkenberg

Panggilan/Julukan: Hulkie, The Magic Hulk

Tempat, Tanggal Lahir: Emmerich am Rhein, Jerman, 19 Agustus 1987

Warga negara: Jerman

Prestasi:

2010: Williams-Cosworthm - posisi 14

2012: Force India - posisi 11

2013: Sauber - posisi 10

2014: Force India - posisi sembilan

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini