Sambil Berlibur, Novi Siapkan Skripsi di Thailand

Afriani Susanti , Okezone · Kamis 19 Februari 2015 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 19 65 1107863 sambil-berlibur-novi-siapkan-skripsi-di-thailand-juCIk0Ppk2.jpg Mahasiswi HI Unsoed Novi Gita Sekar Ayu menghabiskan masa liburan untuk mengikuti program Global Youth Ambassador dan menyiapkan skripsi di Thailand. (Foto: dok. Unsoed)

JAKARTA - Sambil menyelam minum air. Ungkapan itu mungkin tepat disematkan pada Noviantika Gita Sekar Ayu. Mahasiswi Hubungan Internasional (HI) di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) ini menghabiskan liburan semester gasal dengan mengikuti program Global Youth Ambassador di Thailand sambil menyiapkan skripsi.

Di Negeri Gajah Putih, Novi mengajar di Wad Wang Yen Primary School, Wang Yen, Pleng Yao, Chachoengsao. Dia juga memanfaatkan waktu dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan kemasyarakatan yang bisa berguna bagi kehidupan akademisnya sebagai mahasiswi HI.

Gadis berkacamata ini memang tertarik dengan perpolitikan Thailand, terutama pada peran militer di negara tersebut. Ketika berangkat, Novi hanya membawa bekal informasi dari referensi literatur, jurnal ilmiah serta pemberitaan tentang Thailand. Karena itulah, selama berada di sana, Novi pun terus menggali informasi mengenai Thailand secara langsung.

Kesempatan tersebut, kata Novi, memperkaya pengalaman dan pengetahuannya serta dapat menjadi bekal persiapan penulisan skripsi sepulangnya dari Thailand. Demikian dilansir laman Unsoed, Kamis (19/2/2015).

Selama di Thailand, Novi bepergian ke banyak tempat guna melihat langsung kebudayaan di negara tersebut. Dia mengunjungi Wat Sothon, candi/kuil yang bagian atasnya berlapis emas serta mengunjungi areal peternakan di Mini Murrah Farm. Novi juga berkesempatan mengikuti upacara pemakaman secara adat ketika kerabat ayah angkatnya selama di Thailand, Mr. Juan, wafat.

Salah satu hal yang membuatnya kagum adalah masyarakat Thailand menunjukkan rasa nasionalisme dengan sikap sempurna ketika mendengar lagu kebangsaan serta lagu resmi kerajaan. Selain itu, dia juga mendapat kejutan ketika murid-murid di sekolah menyapanya dalam Bahasa Indonesia, "Selamat Pagi Khunku (guru) Novi." Menurut Novi, murid-murid di Thailand memang sudah dibekali pengetahuan mengenai negara-negara ASEAN termasuk Indonesia sehingga dapat memakai sapaan tersebut.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini