nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sembilan Siswa Papua Berlaga di OSN Provinsi

ant, Jurnalis · Kamis 19 Februari 2015 13:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 02 19 65 1107866 sembilan-siswa-papua-berlaga-di-osn-provinsi-hAcIMfwVzv.jpg Sembilan siswa di Kota Jayapura akan mengikuti OSN tingkat Provinsi Papua. (Foto: shutterstock)

JAKARTA - Sembilan siswa mewakili Kota Jayapura pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Papua yang akan digelar Maret mendatang. Mereka merupakan bagian dari 935 siswa yang mengikuti OSN dari 19 SMA yang ada di Ibu Kota Provinsi Papua belum lama ini.

"Tentunya sembilan siswa itu merupakan peraih hasil tertinggi dari sejumlah mata pelajaran yang dilombakan dalam OSN tingkat kota tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa MMPd, di Kota Jayapura.

Menurut Mudiyasa, kesembilan siswa itu nantinya akan "digembleng" terlebih dahulu sebelum berlomba di OSN tingkat Provinsi Papua. Diharapkan, mereka bisa mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada musim lalu.

Menyinggung soal hasil OSN tahun ini, Mudiyasa yang merupakan guru Fisika itu mengaku, agak terkejut dengan hasil yang diraih oleh siswa binaannya. "Saya memang agak kecewa karena hasil OSN tahun ini terutama mata pelajaran Matematika dan Fisika, hasilnya tidak maksimal," katanya.

Untuk itu, dalam waktu dekat mantan Kepala SMAN 4 Kota Jayapura itu akan menggelar pertemuan dengan sejumlah guru mata pelajaran guna mencari tahu penyebabnya. Apakah karena soal yang diberikan pada OSN tahun ini sangat sulit dari tahun sebelumnya atau ada hal lainnya yang memengaruhi siswa dalam menyelesaikan soal.

"Memang hasil yang ditunjukkan kepada saya itu, khususnya dua mata pelajaran nilainya sangat menurun, padahal berbagai kesiapan sudah dilakukan oleh sekolah terkait, termasuk menggandeng Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI)," katanya.

Ke depan, lanjut pria paruh bayah asal Bali itu, Dinas Pendidikan Kota Jayapura akan bekerjasama dengan salah satu kampus ternama di Papua guna membina dan membimbing siswanya untuk bisa mengikuti tes berikutnya.

"Saya juga akan minta plotting dana dari BOS masing-masing sekolah, guna mempersiapkan siswa ikuti OSN pada tahun berikutnya," katanya.

Mudiyasa menambahkan, hasil OSN akan diumumkan dalam waktu dekat ini. Nama kesembilan siswa itu akan diketahui publik, termasuk sekolah mana yang menjadi juara umum.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini