nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendikbud: Sekolah Harus seperti Taman

Oris Riswan, Jurnalis · Sabtu 28 Februari 2015 11:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 02 28 65 1111838 mendikbud-sekolah-harus-seperti-taman-J4vXTpperf.jpg Mendikbud: Sekolah Harus seperti Taman (Foto: dok. Okezone)

BANDUNG - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan, untuk memperbaiki dunia pendidikan perlu kerja sama dari berbagai pihak. Salah satu pihak terpenting dalam memperbaiki dunia pendidikan adalah peran seorang guru atau tenaga pendidik.

"Kemajuan pendidikan itu ada pada pendidiknya. Guru harus jadi kunci kemajuan (pendidikan)," kata Anies, di Bandung, tadi malam.

Selain harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengajar, guru juga harus bisa membuat suasana dunia pendidikan nyaman. Dia pun mengibaratkan sekolah harus jadi seperti taman.

"Taman itu sebuah tempat yang bila anak datang, dia datang dengan senang, pulang dengan berat. Sudahkah sekolah seperti taman? Justru terbalik, anak datang dengan berat hati, pulang dengan senang hati," jelasnya.

Ia pun mengingatkan kepada para sekolah dan guru untuk membuat suasana belajar menjadi nyaman. Caranya, bisa dilakukan dengan berbagai hal. Yang terpenting, siswa datang bersemangat ke sekolah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

"Kepala sekolah harus sadar bahwa tugas Anda membuat suasana belajar jadi menyenangkan. Guru juga begitu (tugasnya). Sederhana menurut saya," ucap Anies. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini