nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Universitas Indonesia Sibuk Berbenah

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Senin 09 Maret 2015 14:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 09 65 1115772 universitas-indonesia-sibuk-berbenah-rK2E3bXp4B.jpg Universitas Indonesia sibuk berbenah menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan. (Foto: dok. Okezone)

DEPOK – Puluhan tahun berperan dalam pendidikan tinggi di Tanah Air, Universitas Indonesia (UI) kini sibuk berbenah. Tujuannya, menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan.

Salah satu pembenahan tersebut adalah mengubah nama fakultas ekonomi menjadi fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) melalui Surat Keputusan Rektor SK FEB UI: 038/SK/R/UI/2015 tertanggal 19 Februari 2015. Menurut Rektor UI M Anis, perubahan nama dilakukan sebagai penyesuaian karena semakin banyaknya program studi di sana.

"Ilmu ekonomi dan bisnis agak berbeda, peminatannya juga beda. Kami ubah namanya sebagai pengembangan," kata Anis, Senin (9/3/2015).

Selain perubahan nama, UI juga berniat membuka fakultas baru. Anis menjelaskan, ada wacana memisahkan ilmu administrasi yang selama ini berada di bawah fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) menjadi fakultas mandiri bernama fakultas ilmu administrasi.

"Sebagai bentuk pengembangan ilmu, karena memang enggak sama administrasi dengan di FISIP," jelasnya.

Rencana ini, ujar Anis, tidak menuntut penambahan sumber daya manusia (SDM) baru untuk mengelolanya. Realisasi rencana tersebut masih menunggu SK pendirian fakultas ilmu administrasi yang dijadwalkan tahun ini.

"Jika SK keluar, tinggal pindah dan mengembangkan yang sudah ada. Saat ini kira-kira sepertiga atau seperempat mahasiswa FISIP ada di jurusan ilmu administrasi," paparnya.

UI sendiri memiliki 13 fakultas dan dua program pengelola berbagai program studi serta jurusan. Pada rumpun ilmu kesehatan (RIK) ada fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas farmasi, fakultas kesehatan masyarakat, dan fakultas ilmu keperawatan.

Di rumpun sains-teknologi (saintek), UI memiliki fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA), fakultas teknik dan fakultas ilmu komputer (FIK). Sedangkan pada rumpun sosial-humaniora ada fakultas hukum, fakultas ekonomi, fakultas ilmu pengetahuan budaya, fakultas psikologi, dan FISIP. UI juga memiliki program pascasarjana dan vokasi.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini