Harvard University Nomor Satu di Dunia

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 13 Maret 2015 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 13 65 1117897 harvard-university-nomor-satu-di-dunia-u5blfDrzbF.jpg Harvard University masih menjadi kampus nomor satu di dunia. (Foto: Wikimedia)

JAKARTA - Harvard University masih dinobatkan sebagai kampus nomor satu di dunia. Hal ini sesuai Pemeringkatan Reputasi Kampus Dunia 2015 yang baru saja dikeluarkan Times Higher Education (THE).

Selama lima tahun berturut-turut, pemeringkatan ini menempatkan enam perguruan tinggi elite dari Amerika Serikat dan Inggris dalam kelompok "super brand". Meski urutannya tidak selalu sama setiap tahun, keenam perguruan tinggi super brand itu adalah Harvard University, Cambridge University, Oxford University, Massachusetts Institute of Technology, Stanford University dan University of California, Berkeley.

"Kami menemukan bahwa pada tahun ini kelompok enam itu jauh lebih unggul daripada yang berada di peringkat tujuh dan delapan. Mereka seperti memiliki liga super sendiri," kata Editor pemeringkatan THE, Phil Baty.

Kampus Amerika masih mendominasi pemeringkatan tahunan ini. Mereka menempatkan 43 perguruan tinggi dalam 100 besar dan delapan kampus dalam 10 besar. Meski demikian, angka ini sedikit turun dari 46 kampus dalam 100 besar tahun lalu.

Inggris menempatkan 12 perguruan tinggi, lebih banyak dari 10 kampus pada tahun lalu. Dua kampus unggulan Inggris, Oxford University dan Cambridge University juga meningkatkan posisi mereka.

Setelah itu ada Jerman dengan enam kampus pada 100 besar. Prancis hanya selisih satu kampus dengan Jerman. Dari dua universitas tahun lalu, kini lima perguruan tinggi Prancis ikut masuk daftar tersebut.

Sementara itu, kampus terbaik Asia, University of Tokyo, turun satu peringkat ke rangking 12. Sementara itu, Tsinghua University, dari China menanjak 10 peringkat menjadi rangking 26 dan Peking University loncat rangking 41 ke rangking 32.

THE bekerjasama dengan Elsevier untuk menggelar Academic Reputation Survey sebagai dasar pemeringkatan ini. Kuisioner meminta partisipan menominasikan 10 institusi terbaik dalam bidang keahlian mereka.

Ada 10 ribu responden yang terlibat dalam survei ini. Mereka merupakan akademisi terpilih yang mewakili populasi statistik dari akademisi dunia. Para keahlian berasal dari 140 negara di dunia dan disajikan dalam 15 bahasa.

Dikutip dari laman THE, Jumat (13/3/2015), inilah 10 besar kampus terbaik dunia.

1. Harvard University (Amerika Serikat), tahun lalu peringkat 1;

2. University of Cambridge (Inggris), tahun lalu peringkat 4;

3. University of Oxford (Inggris), tahun lalu peringkat 5;

4. Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat), tahun lalu peringkat 2;

5. Stanford University (Amerika Serikat), tahun lalu peringkat 3;

6. University of California, Berkeley (Amerika Serikat), tahun lalu peringkat 6;

7. Princeton University (Amerika Serikat), tahun lalu peringkat 7;

8. Yale University (Amerika Serikat), tahun lalu peringkat 8;

9. California Institute of Technology (Amerika Serikat), tahun lalu peringkat 9;

10. Columbia University (Amerika Serikat), tahun lalu peringkat 12.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini