10 Kampus Muda Terbaik di Dunia

Afriani Susanti , Okezone · Sabtu 14 Maret 2015 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 14 65 1118511 10-kampus-muda-terbaik-di-dunia-AYusxJGX4d.jpg Postech, Korea, menjadi kampus muda terbaik di dunia versi Times Higher Education. (Foto: Postech)

JAKARTA - Menjadi kampus terbaik dunia di usia masih muda sangat istimewa. Bayangkan saja, dalam waktu kurang dari 50 tahun, suatu kampus mampu menyejajarkan diri dengan perguruan tinggi elite dunia lain.

Faktanya, predikat kampus terbaik dunia tidak disandang Harvard University dalam waktu semalam. Butuh ratusan tahun mengumpulkan prestasi, kekayaan hingga mempertahankan tradisi akademis. Dan juga butuh konsistensi pada semua itu.

Pada 2011, Times Higher Education (THE) mempersiapkan daftar peringkat kampus terbaik dunia di bawah usia 50 tahun. Ketika dipublikasikan pada 2012, daftar tersebut tidak hanya menyoroti kampus-kampus baru yang berhasil mencapai keberhasilan dalam hitungan dekade tetapi juga menunjukkan potensi menjadi bintang di masa depan.

Tahun ini, daftar tersebut juga menunjukkan kepercayaan diri dari para pendatang baru. Kampus-kampus belia ini menampilkan kebahagiaan berkompetisi dengan perguruan tinggi tua serta kemantapan dalam dinamika dan keragaman di sektor pendidikan tinggi. Beberapa di antara mereka juga menunjukkan kejernihan strategi dengan keberanian mengambil risiko dan pemikiran segar di tengah pendidikan global yang tidak pasti.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat 10 daftar kampus terbaik dunia berusia di bawah 50 tahun seperti dikutip dari Times Higher Education, Sabtu (14/3/2015).

1. Pohang University of Science and Technology (Postech), Republik Korea;

2. École Polytechnique Fédérale de Lausanne, Swiss;

3. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Republik Korea;

4. Hong Kong University of Science and Technology, Hongkong;

5. Nanyang Technological University, Singapura;

6. Maastricht University, Belanda;

7. University of California, Irvine, Amerika Serikat;

8. Université Paris-Sud, Prancis;

9. Université Pierre et Marie Curie, Prancis;

10. Lancaster University, Inggris.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini