Kampus Seni & Humaniora Top Dunia

Afriani Susanti , Okezone · Sabtu 14 Maret 2015 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 14 65 1118569 kampus-seni-humaniora-top-dunia-GMqxhi59IS.jpg Stanford University meraih predikat sebagai kampus seni dan humaniora terbaik dunia. (Foto: Stanford University)

JAKARTA - Amerika Serikat masih terus menunjukkan performanya dengan tetap mempertahankan kampus mereka sebagai kampus top dunia. Kali ini dalam kategori bidang seni dan humaniora.

Times Higher Education (THE) juga mengeluarkan daftar kampus terbaik dunia di kategori tersebut. Di antara kriteria penilaian THE adalah kelengkapan subjek seni dan humaniora di suatu kampus.

Subjek seni yang menjadi indikator pemeringkatan di antaranya arkeologi, arsitektur, seni, studi Asia, klasik, studi budaya, tari; film; radio dan televisi; sejarah; sejarah dan ilmu filsafat; kajian bahasa, filologi dan linguistik; sastra; musik; filsafat; teater serta teologi dan agama.

Dikutip dari Times Higher Education, Sabtu (14/3/2015), inilah daftar kampus seni dan humaniora terbaik di dunia.

1. Stanford University, Amerika Serikat

Pada 1891, Leland Stanford mendirikan Stanford University sebagai pengenang mendiang anaknya yang meninggal pada usia 16 tahun. Stanford, seperti Harvard, kini menjadi kampus yang sangat selektif dalam memilih mahasiswanya. Setiap tahun, hanya sekira tujuh persen dari pelamar yang akan diterima. Alumninya mendirikan berbagai perusahaan besar seperti Hewlett-Packard dan Google. Kampus terkaya ketiga di dunia ini menjadi rumah bagi 7.000 mahasiswa sarjana dan sekira 4.000 mahasiswa pascasarjana.

2. Harvard University, Amerika Serikat

Perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat ini berdiri pada 1636. Ia menyandang nama salah satu donaturnya, John Harvard. Saat ini, Harvard University merupakan institusi akademis dengan dana abadi pendidikan terbesar dan telah melahirkan 40 penerima Nobel. Kampus utamanya menempati lahan 210 akre (sekira 85 hektare) dengan 10 fakultas.

3. University of Chicago, Amerika Serikat

University of Chicago memiliki lebih banyak mahasiswa pascasarjana daripada sarjana. Kampus yang menekankan fokus pada eksplorasi akademis ini dibangun pada 1890 dengan bantuan dana dari John D Rockefeller. Saat ini University of Chicago mengoperasikan 125 pusat penelitian.

4. University of Cambridge, Inggris

Alumni Cambridge tersebar dalam berbagai bidang dan berperan membentuk dunia modern. Misalnya, Isaac Newton dengan teori fisikanya, Rutherford dengan pemberdahan atom, Charles Darwin dengan teori evolusi, Alan Turing dengan inovasi komputer pertama hingga Crick dan Watson dengan penemuan tentang DNA. Didirikan pada 1209 oleh para jebolan Oxford yang berhenti sekolah setelah sengketa kewarganegaraan, Cambridge kini mempekerjakan lebih dari 8.500 staf dan memiliki lebih dari 18.300 mahasiswa.

5. University of Oxford, Inggris

Kampus ini melahirkan 26 perdana menteri Inggris dan sedikitnya 30 pemimpin dunia. Oxford merupakan institusi pertama di Inggris yang melahirkan kehidupan kampus pada abad ke-13 dan berada pada peringkat ketiga kampus tertua di dunia. Saat ini, sekira 12 ribu mahasiswa sarjana sedang menempuh studi di 38 sekolah yang dimiliki Oxford. Mereka tinggal di enam asrama kampus.

6. Princeton University, Amerika SerikatĀ 

Kampus swasta yang didirikan pada 1746 ini merupakan yang paling kecil di kalangan kampus elite Amerika yaitu Ivy League. Tetapi, Princeton mampu melahirkan 30 penerima Nobel.

Kampus seluas 500 akre (sekira 202,5 hektare) mengakomodasi sekira 5.000 mahasiswa sarjana dan 2.500 mahasiswa pascasarjana.

7. Yale University, Amerika Serikat

Kampus tertua ketiga di Negeri Paman Sam ini telah melahirkan lima presiden Amerika. Dana abadi pendidikannya telah mencapai lebih dari USD16 miliar. Yale menampung sekita 12,5 juta buku pada 24 perpustakaan di lingkungan kampus. Saat ini, mahasiswa angkatan 2014 mencapai 1.940 orang.

8. University College London (UCL), Amerika Serikat

Salah satu inovasi buatan mahasiswa UCL adalah Routefinder, sebuah aplikasi yang bisa dipakai untuk mencari jalan pintas terdekat antardua titik. Kampus ini memiliki 21.600 siswa yang dilayani oleh 8.000 staf.

9. University of California, Berkeley, Amerika Serikat

Didirikan pada 1868, kini University of California, Berkeley telah melahirkan lebih dari 20 penerima Nobel. Saat ini, tercatat ada 36 ribu mahasiswa, lebih dari 10 ribu di antaranya mengambil studi pascasarjana.

10. University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat

UCLA memiliki 12 fakultas yang menaungi mulai dari jurusan matematika dan astronomi hingga sejarah dan seni. UCLA memberikan kesempatan akademis dan riset yang sangat terbuka bagi 43 ribu mahasiswa mereka.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini