Kampus Kesehatan Terbaik di Dunia

Afriani Susanti , Okezone · Minggu 15 Maret 2015 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 15 65 1118771 kampus-kesehatan-terbaik-di-dunia-DtOkzlEcSH.jpg University of Oxford menjadi perguruan tinggi terbaik dalam bidang kesehatan.

JAKARTA - Harvard University boleh saja menjadi kampus terbaik di dunia. Tetapi, Harvard kalah dari Oxford University dalam kategori kampus kesehatan terbaik di dunia.

Dalam Times Higher Education Rankings terbaru, Oxford menempati posisi puncak kategori sekolah kesehatan. Di belakangnya mengekor Harvard dan Cambridge. Seperti halnya pemeringkatan secara reputasi umum, Amerika Serikat dan Inggris menunjukkan dominasi mereka dalam kategori ini.

Berikut daftar 10 kampus kesehatan terbaik di dunia.

1. Oxford University, Inggris

Kampus ini sudah ada sejak 1209 lalu berkembang dengan pesat pada 1248. Kampus ini memiliki perpustakaan terbesar di Britania Raya dengan koleksinya lebih dari 11 juta buku.

Oxford telah melahirkan 26 perdana menteri Inggris dan sedikitnya 30 pemimpin dunia. Oxford merupakan institusi pertama di Inggris yang melahirkan kehidupan kampus pada abad ke-13 dan berada pada peringkat ketiga kampus tertua di dunia. Saat ini, sekira 12 ribu mahasiswa sarjana sedang menempuh studi di 38 sekolah yang dimiliki Oxford. Mereka tinggal di enam asrama kampus.

2. Harvard University, Amerika Serikat

Perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat ini berdiri pada 1636. Awalnya kampus ini diberi nama New College, namun berubah menjadi Harvard College untuk menghormati sosok John Harvard, salah satu donaturnya. Akhirnya pada 1780, kampus ini pun berganti nama lagi menjadi Universitas Harvard.

Saat ini, Harvard University merupakan institusi akademis dengan dana abadi pendidikan terbesar dan telah melahirkan 40 penerima Nobel. Kampus utamanya menempati lahan 210 akre (sekira 85 hektare) dengan 10 fakultas.

3. University of Cambridge, Inggris

Alumni Cambridge tersebar dalam berbagai bidang dan berperan membentuk dunia modern. Misalnya, Isaac Newton dengan teori fisikanya, Rutherford dengan pemberdahan atom, Charles Darwin dengan teori evolusi, Alan Turing dengan inovasi komputer pertama hingga Crick dan Watson dengan penemuan tentang DNA.

Didirikan pada 1209 oleh para jebolan Oxford yang berhenti sekolah setelah sengketa kewarganegaraan, Cambridge kini mempekerjakan lebih dari 8.500 staf dan memiliki lebih dari 18.300 mahasiswa.

4. Imperial College London, Inggris

Dengan fokus pada riset, Imperial memiliki empat fakultas di bidang kesehatan, tekink, ilmu pengetahuan alam dan bisnis. Didirikan pada 1907 sebagai kampus afiliasi University of London, Imperial independen pada 2007. Kini Imperial memiliki 14 ribu siswa dengan 7.500 staf.

5. Stanford University, Amerika Serikat

Pada 1891, Leland Stanford mendirikan Stanford University sebagai pengenang mendiang anaknya yang meninggal pada usia 16 tahun. Stanford, seperti Harvard, kini menjadi kampus yang sangat selektif dalam memilih mahasiswanya. Setiap tahun, hanya sekira tujuh persen dari pelamar yang akan diterima.

Kampus kedua terbesar di dunia ini memiliki sejumlah rumah sakit pendidikan yang bisa digunakan untuk menjangkau masyarakat serta relawan. Terletak di California, Stanford memiliki 1.771 staff.

Alumninya mendirikan berbagai perusahaan besar seperti Hewlett-Packard dan Google. Kampus terkaya ketiga di dunia ini menjadi rumah bagi 7.000 mahasiswa sarjana dan sekira 4.000 mahasiswa pascasarjana.

6. Columbia University, Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat Barack Obama adalah lulusan Columbia University. Setiap tahun, kampus ini juga menganugerahkan penghargaan tertinggi dalam dunia jurnalistik yaitu Pulitzer Prize. Banyak peraih Nobel juga mengenyam pendidikan di kampus ini. Columbia University memiliki tiga fakultas untuk jenjang sarjana, 13 program pascasarjana dan pendidikan profesi serta satu program pendidikan lanjutan.

7. Johns Hopkins University, Amerika Serikat

Didirikan pada 1878, John Hopkis mengajar lebih dari 6.700 mahasiswa di sembilan fakultas. John Hopkins memiliki tiga kampus utama dan delapan satelit termasuk di Washington DC, Italia dan China.

8. University College London (UCL), Inggris

Kampus yang berdiri pada 1826 ini adalah universitas pertama yang dibangun di London. Ini juga merupakan kampus bergengsi yang ada di dunia.

Salah satu inovasi buatan mahasiswa UCL adalah Routefinder, sebuah aplikasi yang bisa dipakai untuk mencari jalan pintas terdekat antardua titik. Kampus ini memiliki 21.600 siswa yang dilayani oleh 8.000 staf.

9. University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat

UCLA memiliki 12 fakultas yang menaungi mulai dari jurusan matematika dan astronomi hingga sejarah dan seni. UCLA memberikan kesempatan akademis dan riset yang sangat terbuka bagi 43 ribu mahasiswa mereka.

10. Yale University, Amerika Serikat

Kampus ini memiliki 12,5 jjta buku yang tersimpan rapi di perpustakaan kampus. Di tahun 2014 lalu, siswa yang mengeyam pendidikan disana mencapai 1940 siswa.

Kampus tertua ketiga di Negeri Paman Sam ini telah melahirkan lima presiden Amerika. Dana abadi pendidikannya telah mencapai lebih dari USD16 miliar. Yale menampung sekita 12,5 juta buku pada 24 perpustakaan di lingkungan kampus. Saat ini, mahasiswa angkatan 2014 mencapai 1.940 orang.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini