Share

Polda Sumut Minta Masyarakat Lupakan si Kakek Sarung

Erie Prasetyo, Okezone · Senin 16 Maret 2015 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 16 340 1119102 polda-sumut-minta-masyarakat-lupakan-si-kakek-sarung-2VKeq2N8r7.jpg Ilustrasi

MEDAN - Polda Sumatera Utara meminta warga tidak larut dalam kepanikan menanggapi isu kakek sarung yang sedang mencari tumbal nyawa manusia di Medan dan sekitarnya. Dia juga meminta media memberi pemahaman ke masyarakat.

Polda Sumut juga menegaskan isu kakek sarung itu hoax dan tidak ada korban jiwa atas kabar tersebut. "Kami tegaskan bahwa wilayah Sumut aman tidak ada kejadian seperti isu hoax yg beredar," ujar Kabag Humas Polda Sumut, Helfi Assegaf, Senin (16/3/2015).

Dengan demikian, dia meminta masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. Dia juga sudah menurunkan sejumlah personel agar terus memantau situasi di lapangan.

Helfi berharap media massa juga memberi penjelasan dan tidak mengembangkan isu tersebut lebih jauh, karena dikhawatirkan masyarakat tambah resah. "Media massa diharapkan memberi pemahaman atau penjelasan kepada masyarakat," pungkasnya.

Seperti diberitakan, kabar mengenai keberadaan kakek sarung tersebar ke masyarakat melalui media sosial dan broadcast BBM. Kakek sarung adalah seorang kakek yg meminta sedekah dari rumah ke rumah.

Sembari meminta sedekah, ia juga menawarkan sebuah kain dengan kisaran harga Rp5.000 sampai Rp10.000. Bila orang yang didatanginya tidak mau membeli, kakek itu akan marah dan menangis sampai membuat orang-orang iba kepadanya kemudian membeli.

Tak hanya itu, orang yang membeli tersebut nantinya akan meninggal karena sudah menjadi tumbal. Kemudian, sarung yang dibeli juga akan berubah menjadi kain kafan. Isu ini beredar di Medan, Binjai dan Langkat. (ris)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini