nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siap Kuliah di Amerika sejak Sekarang

Afriani Susanti , Jurnalis · Senin 16 Maret 2015 17:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 03 16 65 1119328 siap-kuliah-di-amerika-sejak-sekarang-3ydCpzl5LQ.jpg Jika berencana kuliah di luar negeri, sebaiknya persiapkan diri sejak jauh-jauh hari. (Foto: shutterstock)

JAKARTA - Bisa jadi kamu masih duduk di kelas X SMA. Tetapi, jika berminat dan berencana kuliah di Amerika Serikat, maka kamu harus mempersiapkan diri sejak sekarang, terutama jika ingin mendapatkan beasiswa.

Menurut Ketua Program Internasional Student Network, Luzia Tertari, calon mahasiswa harus mempelajari persyaratan yang diminta oleh universitas sejak jauh-jauh hari. Persyaratan yang biasanya selalu diminta di antaranya SAT, nilai kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS dan esai.

"Hal yang pasti, calon mahasiswa harus menemukan universitas yang diinginkan secara spesifik," kata Luzia ketika berbincang dengan Okezone belum lama ini.

Dia menyarankan, calon mahasiswa harus memilih kampus dengan baik. Jika tidak yakin dengan apa yang diinginkannya, maka siswa harus cerdas secara akademis.

"Karena dengan begitu kamu akan bisa mendapatkan beasiswa yang tepat. Itu mengapa dalam beasiswa, penting mendapatkan siswa yang cerdas," imbuhnya.

Selain itu, penting juga bagi calon mahasiswa untuk bisa memiliki pengalaman mengenai kampus yang akan dipilih. Calon mahsiswa, kata Luzia, harus bisa mendapatkan banyak informasi mengenai kampus pilihannya tersebut.

Menurutnya, ketika memilih kampus, calon mahasiswa sebaiknya jangan terjebak dengan nama besar sebuah perguruan tinggi. Sebaliknya, calon mahasiswa harus memerhatikan profl dirinya sendiri.

"Kalau kamu adalah siswi yang sangat pemalu dari Indonesia, maka kamu bisa jadi tidak ingin pergi jauh rumah untuk pertama kalinya. Karena itu, berkuliahlah di kampus kecil namun di kota besar. Saya pikir itu lebih baik," sarannya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini