Image

10 Fakta tentang Vladimir Putin

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2015, 06:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 03 18 18 1120555 10-fakta-tentang-vladimir-putin-Upner5sQu0.jpg Kehidupan pribadi Presiden Rusia Vladimir Putin tidak banyak diketahui oleh publik (Foto : Reuters)

MOSKOW – Sosok Presiden Rusia Vladimir Putin beberapa bulan belakangan ini terus menerus menjadi sorotan, terutama dari media barat. Pemimpin Rusia tersebut digambarkan seperti seorang penjahat dalam film-film James Bond.

Menghilangnya Putin dari sorotan media selama 10 hari menimbulkan berbagai spekulasi mulai dari keberadaannya, isu kesehatannya, sampai kemungkinan kudeta terhadap dirinya. Bahkan setelah kemunculannya pun Putin langsung menimbulkan kehebohan dengan perintahnya untuk menyiagakan angkatan perang Rusia.

Pengamat bahkan telah memprediksi Putin sebagai seorang sosok yang akan memulai sebuah Perang Dunia babak baru dengan manuver-manuver militernya.

Namun, ternyata hanya sedikit sekali yang diketahui mengenai kehidupan pribadi mantan anggota KGB ini, dibandingkan dengan yang didengungkan oleh media-media barat. Tindakan-tindakan Putin sulit ditebak dan kehidupannya hampir tidak tersorot media.

Perceraiannya pada 2013 dinilai mengejutkan, karena tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah politik Rusia. Begitu juga dengan rumor mengenai aset pribadinya yang diduga mencapai USD20 miliar atau sekira Rp264 triliun yang jika benar adanya, menjadikan dia sebagai orang terkaya di Eropa.

Berikut beberapa fakta umum mengenai Pemimpin Rusia Vladimir Putin yang dilansir The Independent, Kamis (19/3/2015) :

1. Putin menyukai sarapan yang sederhana

Menu makan paginya biasanya berupa omelet , telur puyuh, dan bubur dengan ditemani kopi dan jus. Semua makanan tersebut berasal dari pertanian seorang pemimpin religius Rusia.

2. Putin sangat suka berolahraga dan melakukan latihan

Sang Presiden menghabiskan dua jam sehari untuk berenang , dia juga rajin mengunjungi gym dan melakukan angkat berat.

3. Menyukai buku mengenai tokoh sejarah

Presiden Putin menyukai buku-buku mengenai tokoh-tokoh sejarah terutama yang berasal dari Rusia. Dia tidak menyukai novel.

4. Putin menyukai mandi air dingin

Mungkin karena dia orang Rusia, Putin juga mandi dengan air hangat. Namun cuaca dingin tidak menghalanginya untuk menggunakan air dingin.

5. Dia tidak suka main internet

Menurutnya layar di dalam layar, dan papan berisi pesan membuatnya pusing.

6. Tidak bisa diberi susu

Entah apa alasannya, Putin juga tidak memakan makanan yang disuguhkan oleh tuan rumah yang dikunjunginya. Semua makanannya harus diperiksa oleh petugas dari Kremlin terlebih dahulu.

7. Belajar bahasa Inggris dengan cara menyanyi

Dia mempunyai tutor yang membantunya belajar di kelas sore.

8. Putin adalah seorang pecinta binatang

Dia adalah seorang penyayang binatang, mempunyai seekor anjing Labrador.

9. Selalu membawa rombongan besar saat bepergian

Rombongannya terdiri dari koki Rusia, pelayan, tukang bersih-bersih, yang melayani Putin sesuai standar yang dia inginkan. Dia juga mengganti seluruh peralatan mandi hotel tempatnya menginap dengan peralatan mandi pribadinya, serta membawa buah-buahan segar dari Kremlin yang dikemas dengan segel anti kontaminasi.

10. Sang presiden tidak banyak mengobrol

“Dia tidak bicara, dia merasa tidak perlu tersenyum, dia tidak minum-minum. Setiap saat selalu ada 10 orang berada di sekelilingnya, Anda tidak bisa berada dalam jarak 3 meter di dekatnya,” kata seorang penerjemah kepada Newsweek.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini