nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Negara ASEAN Memiliki Wakil Panglima Militer

Ferry Ardiansyah, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2015 06:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 19 18 1121245 tiga-negara-asean-memiliki-wakil-panglima-militer-iaSQTD07Re.jpg Tiga Negara ASEAN Memiliki Wakil Panglima Militer (Foto:Okezone)

JAKARTA –Rencana Presiden Jokowi menghidupkan kembali jabatan Wakil Panglima TNI memicu pro dan kontra. Usulan tersebut menimbulkan kontroversi terkait rantai komando yang kelak akan muncul jika jabatan Wakil Panglima TNI benar-benar ada.

Faktanya, sejumlah negara di ASEAN sudah memiliki Wakil Panglima Militer. Berikut Okezone tampilkan negara-negara yang sudah menerapkan kebijakan memiliki Wakil Panglima:

 

1. Filipina

Posisi Wakil Panglima Militer di Filipina harus dipegang oleh seorang berpangkat Letnan Jenderal. Namun, ia bertuga hanya sebagai pembantu Panglima Militer sehingga tidak mempunyai wewenang menggerakan pasukan tanpa izin atasannya. Saat ini posisi Wakil Panglima Militer Filipina dijabat oleh Letnan Jenderal John S. Bonafos.

2. Vietnam

Panglima Militer di Vietnam sekaligus menjabat sebagai menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Dalam tugasnya ia dibantu oleh dua wakil panglima militer, yaitu:

General Staff Department : Ialah yang bertugas mengepalai seluruh militer di Vietnam, bisa dibilang ialah penglima militer harian.

General Political Department : Ia lebih berugas seperti penghubung antara militer dengan partai komunis Vietnam.

3. Myanmar

Myanmnar memiliki jabatan wakil panglima militer. Namun, di negeri ini jabatan Wakil Panglima Militer hanya bertugas sebagai penghubung Angkatan Darat, Angkatan laut, dan Angkatan Udara

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini