Robot ITB Mahir Bermain Angklung

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 25 Maret 2015 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 24 65 1123588 robot-itb-mahir-bermain-angklung-MoLXvDgEUg.jpg Klungbot dan Ansambel Robot Musik Tradisional dibuat oleh delapan mahasiswa Teknik Fisika ITB. (Foto: dok. Klungbot/ITB)

JAKARTA - Klungbot, Robot buatan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) ini ternyata mahir memainkan angklung. Ada juga robot yang mampu memainkan beberapa alat musik lain seperti carumba dan simbal. Keren ya!

Melalui Ansambel Robot Musik Tradisional, delapan mahasiswa ITB memadukan seni dan teknologi dalam upaya melestarikan alat musik tradisional. Selain Klungbot, dari tangan Nugroho Hari Wibowo, Nova Mahendra Putra, Sigit Yudanto, Rafid Fikri, Andyaningrum Fauziah, Hilmy Hanif, Nadya Komara Putri dan Adam Yanuro juga lahir robot V Rumba dan Cymbot.

Mereka merancang robot-robot tersebut untuk bisa memainkan aransemen lagu menggunakan alat-alat musik tradisional secara otomatis ataupun dengan memasukkan keyboard atau sensor kinect. Klungbot dibuat sejak 2010 lalu. Sejak itu, tim mahasiswa dari jurusan Teknik Fisika tersebut mengembangkan proyek Ansambel Robot Musik Tradisional dengan membuat V Rumba (April-September 2014) dan Cymbot (September-November 2014).

Selama proses pengerjaan proyek, mereka mendapat bimbingan Dr Eko Mursito Budo. Dosen Teknik Fisika ITB ini telah membuat empat paten untuk angklung robot dan analisis akustik angklung.

Tim pembuat berharap, inovasi yang diikutsertakan dalam ITB Innovation Move itu dapat menjawab kesulitan seniman dalam mengajarkan aransemen angklung karena banyaknya musisi yang dibutuhkan. Selain itu, inovasi tersebut juga merupakan cara mahasiswa ITB memperkenalkan alat musik tradisional Jawa Barat selain angklung. Di saat yang sama, perpaduan seni dan teknologi pada Ansambel Robot Musik Tradisional diharapkan dapat menarik minat masyarakat agar mencintai budaya asli Tanah Air.

Kampus Okezone menerima kiriman berita seputar kegiatan kampus, artikel opini, foto dan karya lainnya dari civitas akademika. Karya haruslah asli, bukan jiplakan dan belum pernah dipublikasikan di media lain. Kirimkan karya beserta identitas dan foto pendukung ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.

(rfa)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini