nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lapangan Olahraga atau Parkiran?

Kamis 26 Maret 2015 07:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 03 26 65 1124471 lapangan-olahraga-atau-parkiran-kuA3lAOUKn.jpg Lapangan olahraga di Untirta berubah fungsi menjadi lahan parkir. (Foto: dok. penulis)
BANTEN - Lapangan futsal dan basket Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dipenuhi oleh mobil. Sekilas lapangan-lapangan tersebut terlihat seperti lahan parkir. Tidak ada aktivitas olahraga di sana.

Pemandangan seperti ini bukanlah hal yang asing bagi mahasiswa Untirta. Fasilitas olahraga justru tidak digunakan secara semestinya.

Lahan yang tidak memadai membuat kendaraan terpaksa parkir di lapangan olahraga. Keadaan ini tentu saja tidak membuat nyaman para mahasiswa, terutama mereka yang gemar berolahraga.

Wakil Ketua Tim Basket FISIP Untirta, Harry Setiawan (19) mengaku sering kesulitan saat mau berlatih. "Pas udah ngumpulin anggota buat latihan, tapi lapangannya malah penuh sama mobil," ujar Harry.

Banyak mahasiswa lain mengeluhkan hal yang sama. Jadwal latihan olahraga yang sudah disusun sedemikian rupa seringkali menjadi berantakan bahkan gagal karena tidak adanya tempat. Jika seharusnya berlatih sore hari, maka jadwal tersebut terpaksa digeser menjadi malam hari, menunggu mobil-mobil yang diparkir pergi.

Anggota tim futsal FISIP Yola Malinda (19) menganggap pergeseran jadwal latihan ini tidak efektif karena akan memengaruhi kondisi fisik dan kesiapan anggota tim olahraga ketika menghadapi pertandingan pada siang hari.

"Olahraga futsal bersifat outdoor. Jadi kurang bagus kalau terlalu sering latihan malam karena udah enggak ada sinar matahari. Jadi pas tandingnya siang hari, fisik pemain belum terbiasa," tutur Yola.

Selain memengaruhi jadwal latihan, kondisi lapangan olahraga yang seperti itu juga dapat menurunkan minat mahasiswa untuk berolahraga di kampus. Belum lagi keadaan lapangan juga kurang memenuhi standar untuk dijadikan sebagai sarana olahraga karena banyaknya kerikil, lubang, dan ukuran lapangan yang tidak terlalu luas.

Para mahasiswa berharap agar keadaan seperti sekarang ini bisa segera ditindaklanjuti. Lahan olahraga yang disediakan haruslah difungsikan dengan selayaknya. Serta haruslah ada pembedaan antara penggunaan lahan untuk olahraga dengan lahan untuk parkir mahasiswa dan civitas akademika Untirta. Dan diharapkan agar pihak yang berwenang di kampus bisa lebih serius memikirkan cara lain untuk penataan ulang lahan parkir, mengingat lahan Untirta yang tidak terlalu luas. Dengan begitu, semua fasilitas, lahan, dan sarana yang telah disediakan bisa digunakan dengan semestinya dan sesuai porsinya.

Berita kiriman:

Gabriella

Mahasiswi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)

Pegiat Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Orange

Kampus Okezone menerima kiriman berita seputar kegiatan kampus, artikel opini, foto dan karya lainnya dari civitas akademika. Karya haruslah asli, bukan jiplakan dan belum pernah dipublikasikan di media lain. Kirimkan karya beserta identitas dan foto pendukung ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini