nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerakkan Otak Kecil untuk Sukses Ujian Nasional

Dina Prihatini, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2015 17:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 03 27 65 1125215 gerakkan-otak-kecil-untuk-sukses-ujian-nasional-IQna1AXaLI.jpg Setelah belajar untuk ujian, saatnya rileks agar bagian otak kecil bergerak dan membuat memori kita lebih kuat. (Ilustrasi: dok. Okezone)

JAKARTA - Menjelang ujian nasional (UN), tentu kita makin gencar belajar, dong. Tetapi, ada trik tambahan agar sukses mengerjakan soal ujian, yaitu dengan menggerakkan otak kecil.

Caranya, dengan mengondisikan tubuh dan pikiran menjadi rileks. Kita bisa melakukan berbagai kegiatan yang membuat santai sehingga bagian otak kecil pun terstimulasi.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji memiliki cara tersendiri untuk membantu pelajar di kotanya menghadapi ujian nasional. Setiap tahun, dia berkeliling ke sekolah-sekolah untuk memberikan motivasi kepada calon peserta UN tersebut.

"Semuanya kan sudah dipelajari, tinggal bagaimana calon peserta UN menggerakkan otak kecilnya sebagai tempat menyimpan memori pelajarannya secara baik," kata Sutarmidji, Jumat (27/3/2015).

Menurutnya, untuk menggerakkan otak kecil tersebut, butuh kondisi yang rileks. Karena itulah, dalam setiap roadshow motivasional tersebut, Sutarmidji kerap menyampaikan guyonan yang mengundang tawa anak-anak agar mereka lebih rileks dan lebih siap menghadapi UN.

"Jangan ujian dianggap suatu beban tapi jadikan itu sebagai tantangan. Orang yang berani menghadapi tantangan, orang yang selalu terobsesi untuk menaklukkan tantangan, dialah yang bisa menjadi yang terbaik," tuturnya.

 
Dia menegaskan, semua siswa di Kota Pontianak harus mengikuti ujian. Jangan sampai berbagai alasan, terlebih yang terkait iuran sekolah atau iuran lainnya, membuat mereka gagal menjalani UN.

"Masalah itu belakangan kita selesaikan. Yang terpenting mereka harus ikut ujian dulu," pungkasnya.

Kampus Okezone menerima kiriman berita seputar kegiatan kampus, artikel opini, foto dan karya lainnya dari civitas akademika. Karya haruslah asli, bukan jiplakan dan belum pernah dipublikasikan di media lain. Kirimkan karya beserta identitas dan foto pendukung ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini