nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Popularitas Tentukan Menang Kalah Calon di Pilkada

Bayu Septianto, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2015 11:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 28 337 1125628 popularitas-tentukan-menang-kalah-calon-di-pilkada-zTaC8O5a4w.jpg popularitas tentukan menang kalah calon di pilkada (Foto: Okezone)

JAKARTA - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi mengungkapkan popularitas seorang calon dalam mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sangat menentukan dan tidak bisa dihindari.

Viva beralasan, masyarakat sebelum memilih calon yang akan dipilihnya nanti akan melihat terlebih dahulu krediblitas calonnya salah satunya dari tingkat popularitas si calon.

"Dalam perkembangan Pilkada yang tidak bisa dihindari yakni popularitas, karena itu faktor penting bagi masyarakat sebelum memilih," jelas Viva dalam diskusi Perspektif Indonesia di Restoran Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/3/2015).

Menurut Viva, dalam pelaksanaan pilkada maupun pileg, selain popularitas ada faktor lain yakni elektabilitas yang keduanya saling mempengaruhi keterpilihan calon itu.

"Mereka akan lihat kenal atau tidaknya calon, popularitas sangat penting untuk pengaruhi elektabilitas," jelasnya.

Sekadar diketahui pada Desember 2015, sekira 273 daerah akan melaksanakan pilkada serentak untuk provinsi dan kabupaten. Di 2018 akan ada 245 daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini