Image

Sultan Minta Sopir Angkutan yang Naikkan Tarif Ditindak Tegas

Prabowo, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2015, 04:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 31 340 1126758 sultan-minta-sopir-angkutan-yang-naikkan-tarif-ditindak-tegas-BF0DeHUPzT.jpg Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X (foto: Prabowo/Okezone)

YOGYAKARTA - Pemerintah sudah menaikan harga BBM jenis premium dan solar. Imbasnya, tarif angkutan di Yogyakarta bergoyang. Artinya, meski belum ada keputusan kenaikan tarif, tapi sejumlah sopir sudah melakukannya tanpa ada komunikasi dengan organda.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X meminta dinas terkait menindak tegas sopir angkutan yang nekat menaikkan tarif. "Kalau ada yang sudah menaikan sebaiknya ditindak tegas," kata Sultan di Gedung DPRD DIY, Senin (30/3/2015).

Sultan berharap supaya sopir-sopir angkutan umum tidak menaikan tarif. Sebab, belum ada kesepakan bersama antara pemerintah daerah dengan organda DIY terkiat penyesuaian tarif angkutan pasca kenaikan BBM kemarin.

Di tempat yang sama, Kepala Dishubkominfo DIY Budi Antono belum bersedia memberi komentar terkait masalah ini. Pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Perhubungan mengenai kenaikan tarif.

"Kami masih menunggu dari Kementerian. Rabu besok (lusa) baru kita akan rapat dengan organda mengenai tarif. Naik atau tidak saya tidak tau, karena kami di daerah sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat," katanya.

Saat disinggung jika ada sopir yang menaikkan tarif, Anton -sapaan akrab Budi Antono- menyebut bukan wilayahnya memberi peringatan. Sebab, kewenangan menindak justru dari organda.

"Kalau ada yang menaikan itu kewajiban organda yang mengingatkan. Saya berharap belum (naik), karena kenaikan tarif itu harus ada SK Gubernur," bebernya.

Kembali disinggung idealnya apakah perlu naik? dia mengangkat kedua tangan bertanda tak mau berkomentar. Anton mengaku akan menunggu hasil rapat dengan organda terkait hal itu. "Tunggu nanti rapat dengan Organda," jawabnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini