nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah AS Kembangkan Kota Pintar di Sumatera

Akbar Dongoran, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2015 05:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 03 31 340 1126783 pemerintah-as-kembangkan-kota-pintar-di-sumatera-SMfrQPP3k7.jpg Ilustrasi

MEDAN - Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Konsulat Jenderal-nya di Medan, tengah menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah di Sumatera untuk mengembangkan sejumlah kota pintar (Smart Cities) di Sumatera.

Pengembangan Smart Cities tersebut diawali dengan pelaksanaan seminar implementasi bertajuk Solusi Smart City, yang diinisiasi oleh PricewaterhouseCoopers (PwC), jaringan global firma penyedia layanan jasa professional asal Amerika, di PwC Learning Center di Mega Kuningan, Jakarta, kemarin.

Konsul AS untuk Sumatra Y. Robert Ewing mengatakan, Smart Cities adalah sebuah teori kunci termukhtahir dalam ilmu tata kota yang mendorong pemakaian teknologi untuk meningkatkan kinerja pemerintah dan kesejahteraan masyarakat, serta pada saat yang bersamaan juga mengurangi pengeluaran.

Smart Cities meningkatkan inovasi, menghasilkan teknologi, mendorong partisipasi masyarakat dan investasi dalam infrastruktur perkotaan yang memperkaya standar hidup, menyediakan iklim yang positif dalam investasi bisnis, meningkatkan pengelolaan sumber daya serta transparansi dan akuntabilitas pemerintah.

”Inovasi Smart Cities menyediakan teknologi baru yang memungkinkan bagi kita untuk menemukan solusi yang efektif dalam mengatasi berbagai tantangan seperti lalu lintas, perubahan iklim, tata kelola sampah, dan keterbatasan akses ke internet. Perubahan ini akan menghasilkan lapangan pekerjaan dengan tingkat upah yang lebih tinggi serta kemampuan untuk mengambil keuntungan dari pasar global,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Robert Blake, dalam keterangan pers yang diterima Okezone.

Dubes Blake melanjutkan, solusi Smart Cities itu kini sangat mendesak dilakukan di kota-kota di Amerika Serikat. Ia pun percaya, bahwa kota-kota di Sumatera dalam jangka panjang juga akan menghadapi keterdesakan serupa. Sehinga penting untuk menyiapkan solusi tersebut sejak dini.

“Indonesia khususnya Sumatera penting untuk solusi ini. Untuk itu kita mendorong tiga pimpinan inovatif Indonesia untuk menciptakan solusi yang didukung teknologi untuk meningkatkan penyampaian layanan pada public,” sebutnya.

Rencana pengembangan kota pintar ini pun mendapat respon positif dari seluruh kepala daerah di wilayah Sumatera yang hadir dalam seminar tersebut. Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan, pihaknya sangat antusias dengan program pengembangan tersebut. Ia pun siap mengimplementasikan solusi “Smart City” tersebut di wilayahnya.

“Saya kira ini bagus dan harus sangat layak diimplementasikan di wilayah kita. Tinggal bagaimana teknisnya saja nanti,” ujar Eldin.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini