nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbedaan Belajar di Kelas dan Secara Online

Afriani Susanti , Jurnalis · Jum'at 03 April 2015 17:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 04 03 65 1128773 perbedaan-belajar-di-kelas-dan-secara-online-Qh8j2OlwP7.jpg Perbedaan Belajar di Kelas dan Secara {Online} (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Ada banyak perdebatan mengenai penggunaan kelas berbasis online atau kelas dengan pengajaran yang biasa. Ada banyak variabel yang bisa mempengaruhi efektivitas dari kelas online maupun kelas biasanya pada siswa.

Berikut ini empat perbedaan antara belajar di kelas online dan di kelas biasa, seperti dilansir laman Hub Pages, Jumat (3/4/2015).

1. Membangun kemampuan interpersonal

Tidak bisa dibantahkan bahwa interaksi secara langsung di kelas bisa membantu para siswa untuk belajar bagaimana bekerja secara grup dan membuka kesempatan untuk bisa melanjutkannya pada dialog.

Sedangkan pada kelas online, akan memberikan pengalaman yang tertunda bagi siswa. Bagaimanapun juga, hal itu tidak akan berpikir secara kritis.

Bahasa dan organisasi menjadi kunci agar bisa profesional ketika berbicara langsung. Melakukan percakapan di dalam kelas online hanya bisa dilakukan dengan satu atau dua cara.

2. Kekurangan ingatan, pengembangan dan motivasi

Walau online bisa membuat kita bisa mengakses informasi dengan mudah, tapi kelas online tidak akan bertanggung jawab akan pengembangan pembelajaran siswa.

3. Kompetensi siswa dan guru

Siswa bertanggung jawab pada tingkat kompetensinya, apakah itu dengan kelas online maupun kelas tradisional. Siswa yang kompeten tidak akan menyontek, melainkan akan terlibat dengan pendidikannya dan memahami pembelajaran dengan serius.

Berdiskusi secara online hanya bisa dilakukan di kelas. Walaupun interaksi secara langsung bisa memperbaiki nilai siswa, secara online pun juga demikian. Intinya, timbal balik bisa membantu siswa untuk membangun kemampuan sosial bahkan secara online.

4. Mana pilihan yang lebih cermat?

Kelas tradisional:

Interaksi secara langsung bisa membuat diskusi menjadi aktif, kelas ini memberikan kesempatan untuk bertemu di tempat yang sama dengan waktu yang sama dan lebih aktif untuk mendiskusikan topik yang dibicarakan. Hal ini juga memberi kesempatan bagi siswa untuk lebih interaktif ketika melakukan presentasi.

Kelas online:

Kelas ini juga memiliki keuntungan. Walaupun tidak bisa melakukan semuanya secara online, kelas ini memberikan siswa kesempatan untuk membaca apa yang orang lain harus sampaikan dan meluangkan waktu untuk meresponsnya, berpikir kritis dan membuat solusi dari masalah tersebut.

Jadi, Anda lebih suka yang mana? (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini