nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Strategi Menghadapi Ujian Nasional

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 09 April 2015 05:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 04 09 65 1131283 strategi-menghadapi-ujian-nasional-ersYNl03yP.jpg Setiap siswa memiliki strategi menghadapi ujian nasional masing-masing untuk meraih nilai bagus. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Setiap siswa memiliki strategi menghadapi ujian nasional. Semua upaya dikerahkan agar mereka bisa menyelesaikan ujian dengan baik dan benar.

Dandy Permana, misalnya, akan memanfaatkan waktu ketika sedang mengerjakan UN. "Jangan buru-buru," kata Dandy kepada Okezone, belum lama ini.

Siswa kelas XII jurusan IPA SMAN 99 Jakarta itu mengimbuhkan, sebelum masa ujian, dia juga belajar dengan rajin dan mematuhi orangtua. Selain itu, Dandy juga mengaku rajin beribadah.

"Tentu saja saya juga belajar dari soal-soal tahun lalu dan yang diberikan di tempat les," imbuhnya.

Teman satu sekolahnya, Andhito, sepakat dengan metode belajar mencicil. Dia mengingatkan, jangan sampai peserta ujian menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS) ketika belajar.

"Belajar dengan teratur. Karena kalau pakai SKS akan lupa semua. Jangan lupa ibadah, hormat sama orangtua," paparnya.

Ujian nasional tingkat SMA/sederajat akan digelar 13-15 April. Siswa akan mengerjakan soal-soal dari enam mata pelajaran yang diujikan. Hasil ujian nasional tahun ini tidak akan menjadi syarat utama kelulusan siswa dari sekolah.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini