nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Ujian Nasional Paling Sulit

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 09 April 2015 06:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 04 09 65 1131291 soal-ujian-nasional-paling-sulit-Yu3dT1OaFE.jpg Setiap siswa memiliki bayangan tentang soal ujian nasional paling sulit dan paling mudah. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Pekan depan, siswa SMA/sederajat akan menghadapi ujian nasional. Mereka pun memiliki bayangan tentang soal ujian nasional paling sulit.

Menurut siswa kelas XII SMAN 99 Jakarta Andhito, matematika adalah mata pelajaran yang sulit di ujian nasional.

"Misalnya pas pertama diajarin bisa, nantinya lupa lagi. Seringnya seperti itu, jadi susah," kata Andhito kepada Okezone, baru-baru ini.

Bagi Andhito, soal ujian nasional yang mudah adalah Sosiologi. Siswa jurusan IPS ini beralasan, Sosiologi adalah bidang studi yang sesuai dengan pemikirannya.

"Lagipula itu kan juga berhubungan dengan logika," tambahnya.

Hal berbeda diungkapkan Dandy Permana, yang menganggap Kimia sebagai mata pelajaran sulit pada ujian nasional nanti. Dandy mengaku susah mengerti pelajaran tersebut karena sang guru mengajar terlalu cepat.

"Jadi saya mempersiapkan diri dengan belajar sedikit-sedikit mulai dari materi kelas X," ujar Dandy.

Sementara itu, Dandy menganggap Biologi sebagai mata pelajaran mudah pada ujian nanti. Alasannya, Dandy memiliki ketertarikan dengan mata pelajaran tersebut.

Meski ujian nasional bukan lagi menjadi syarat utama kelulusan, Dandy dan Andhito masih merasa ketakutan dan tegang menghadapinya. "Kan hasil ujian nasional ini akan dilihat untuk masuk ke PTN. Jadi tegangnya karena tuntutan itu," ungkap Dandy.

Berbeda dengannya, Andhito menyatakan bahwa ketakutannya itu lantaran belum adanya gambaran akan seperti apa ujian yang akan dijalaninya nanti.

"Karena yang ngawas juga bukan guru kita. Pengalaman tentang ujian juga hanya pas SMP. Tapi mau gimana lagi. Ya, harus mempersiapkan diri untuk ujian," papar Andhito.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini