Sadar Melawan Hukum, Pemuda Aceh Serahkan Kukang ke BKSDA

Salman Mardira (Okezone), Okezone · Selasa 14 April 2015 21:53 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 14 340 1134219 sadar-melawan-hukum-pemuda-aceh-serahkan-kukang-ke-bksda-tY2kgiazPv.jpg Sadar Melawan Hukum, Pemuda Aceh Serahkan Kukang ke BKSDA

BANDA ACEH - Apa dilakukan Panji, pemuda asal Gampong Peulanggahan, Kota Banda Aceh, ini patut dicontoh. Sadar kalau memelihara kukang melanggar hukum, dirinya rela menyerahkan hewan primata dilindungi itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Kukang berusia 1,5 tahun itu sudah dua pekan dirawat Panji dalam sangkar, setelah ditemukan oleh abang kandungnya, Ari, di dekat sebuah shoowroom mobil kawasan Batoh, Banda Aceh.

Panji memberikan makan pepaya, sawo, pisang juga sirup untuk peliharaannya itu. Binatang imut ini banyak diminati, bahkan ada yang meminta Panji menjualnya.

"Kemarin ada yang minta beli Rp1 juta, tapi kami tidak kasih," ujar Panji saat ditemui di rumahnya, Selasa (14/4/2015).

Panji sadar memelihara kukang bisa dikenai sanksi denda Rp100 juta. Hal ini seperti disebut dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, yakni mengeksploitasi, memburu, memelihara, memperjualbelikan maupun dimanfaatkan bagian tubuh kukang bisa dikenakan hukumannya lima tahun penjara dan denda Rp100 juta.

Takut didenda Rp100 juta dan kurungan lima tahun penjara. Panji kemudian meminta petugas BKSDA datang ke rumahnya untuk mengambil kukang peliharaannya itu. Sore tadi petugas BKSDA datang ke lokasi dengan didampingi Panji.

“Saya menyerahkan kukang ini kepada petugas, agar dikembalikan saja ke habitatnya,” ujar Panji.

Menurut Kepala Bagian Penanganan Satwa BKSDA Aceh, Taing Lubis, kukang ini kondisinya masih sehat dan masih memiliki gigi lengkap serta aktif bergerak. Dia menduga primata ini lepas dari peliharaan warga sebelum ditangkap Ari.

Taing mengatakan, kukang tersebut akan direhabilitasi dulu di BKSDA, selanjutnya akan dilepas ke habitatnya. "Kita lepas nanti di alam liar," ujarnya.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini