nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Saling Contek Warnai Ujian Nasional

Toiskandar, Jurnalis · Selasa 14 April 2015 14:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 04 14 65 1133852 aksi-saling-contek-warnai-ujian-nasional-S9Z450zH1a.jpg Ilustrasi (Dok: Okezone)

INDRAMAYU – Hari kedua pelaksanaan ujian nasional (UN) di SMA PGRI 1 Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, diwarnai aksi saling contek. Kecurangan ini berlangsung saat para peserta ujian menghadapi soal mata pelajaran matematika.

Pantauan di lapangan, Selasa (14/4/2015), aksi saling tukar kunci jawaban ini berlangsung beberapa menit sebelum ujian nasional hari kedua dengan mata pelajaran matematika berakhir. Para peserta ujian melancarkan aksi mencontek dengan cara melempar kunci jawaban dan saling berkomunikasi dengan temannya.

Para peserta ujian tak canggung melihat lembar jawaban komputer milik peserta lainnya. Hal ini terjadi dikarenakan waktu pelaksanaan ujian yang dibatasi dua jam, sementara beberapa materi soal banyak yang belum dikuasai siswa.

Sebelum aksi saling contek berlangsung, tak sedikit siswa yang memilih tidur-tiduran di tempat duduknya sambil menunggu waktu ujian berakhir. Sebagian siswa di sekolah ini juga mondar-mandir keluar-masuk ruang ujian dengan alasan ke toilet. Mereka meninggalkan ruangan secara bergantian.

Wakil Kepala SMA 1 PGRI, Lintang, mengakui para siswa merasa kesulitan menjawab soal-soal ujian matematika, meski pihak sekolah sudah menerapkan bimbingan pelajaran tambahan.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini