nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Belajar Efektif di Ruang Kelas

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 22 April 2015 12:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 22 65 1138205 cara-belajar-efektif-di-ruang-kelas-OUZiCPNou2.jpg Belajar efektif di ruang kelas bisa memaksimalkan hasil yang didapat. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Proses belajar yang efektif akan memberikan hasil maksimal. Untuk itulah, kita perlu mengetahui cara belajar efektif di ruang kelas.

Guru Besar FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNU), Prof Suparwoto memaparkan, kunci pembelajaran efektif sebenarnya ada pada guru. Para pendidik pun perlu mengetahui bahwa efektivitas pembelajaran akan didapat jika mereka melakukan pendekatan induktif, problem solving serta laboratorium centered.

"Pasalnya, metode tersebut lebih disukai siswa ketimbang metode pembelajaran deduktif atau demonstrasi," kata Suparwoto, seperti dikutip dari laman UNY, Rabu (22/4/2015).

Dia menyarankan, para guru tidak terlalu mengandalkan alat bantu berupa media audiovisual, film, TV atau audio disc program. Sebaiknya, kata Suparwoto, alat bantu tersebut diintegrasikan secara hati-hati dalam pola pembelajaran.

Sementara itu, metode pembelajaran induktif dianggap dapat membantu siswa memahami pengetahuan secara lebih baik dan lebih mantap ketimbang metode deduktif. Dengan metode induktif, para siswa dilatih berpikir kritis dan mengubah sikap.

"Aktivitas siswa dalam eksperimen, yang dilakukan siswa tingkat pendidikan dasar dan menengah adalah penting sebagi pre-requisite untuk belajar secara efektif mengenai sains. Oleh karena itu, belajar sains secara verbalistis merupakan langkah paling akhir untuk memahami arti konsep tersebut," tambahnya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini